Kompas.com - 30/12/2020, 08:14 WIB
Pesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 saat terbang untuk pertama kalinya di Renton, Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui. AFP PHOTO/GETTY IMAGES/STEPHEN BRASHEARPesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 saat terbang untuk pertama kalinya di Renton, Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui.
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Pesawat Boeing 737 Max untuk pertama kalinya kembali melayani penumpang di Amerika Serikat pada Selasa (29/12/2020).

Penerbangan perdana dilakukan setelah pesawat pabrikan Boeing tersebut sempat mengalami dua kecelakaan fatal dan dikandangkan pada Maret 2018 lalu.

Dilansir dari CNN, Rabu (30/12/2020), penerbangan Boeing 737 Max dilakukan oleh American Airlines dengan nomor penerbangan 718 dari Bandara Internasional Miami pada pukul 10.40 waktu setempat dan tiba di Bandara LaGuardia New York pada pukul 13.00 waktu setempat. Setelah itu, pesawat kembali ke Miami pada pukul 14.30 waktu setempat.

American Airilines berencana untuk memperbanyak penggunaan Max pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Simpanan Nasabah Tajir Merosot Rp 22,96 Triliun

Selain itu, maskapai lain seperti Southwest dan United Airlines juga berencana untuk menambah armada tersebut sebagai armada penerbangan mereka dalam beberapa bulan ke depan.

Seiring dengan kembali diterbangkannya Boeing 737 Max tersebut, pihak American Airlines menyatakan maskapai dalam waktu dekat bakal memiliki 34 jenis pesawat Max dan saat ini tengah melakukan training untuk 1.400 pilot menerbangkan pesawat jenis tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Armada ini sudah siap untuk diterbangkan," ujar Presiden American Airlines Robert Isom kepada wartawan.

Dia pun mengatakan, pesawat jenis Boeing 737 Max tersebut memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dibanding seri sebelumnya. Selain itu juga dia menilai pesawat tersebut lebih efisien, dan ramah lingkungan.

"Ini jenis pesawat baru yang seharusnya diterbangkan, dan pesawat lain seharusnya sudah ditinggalkan," kata dia.

Baca juga: Menaker Minta Dispensasi Penyaluran Subsidi Gaji hingga Januari 2021



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.