Menlu Retno: 1,8 Juta Vaksin Sinovac Tiba Besok di Indonesia

Kompas.com - 30/12/2020, 15:14 WIB
Ilustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin Shutterstock/Amazein DesignIlustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, sebanyak 1,8 juta vaksin Covid-19 produksi Sinovac akan tiba di Indonesia pada Kamis (31/12/2020) besok.

Sebelumnya, sudah sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China tersebut yang masuk ke Indonesia pada pada 6 Desember 2020 lalu.

"Insya Allah besok akan tiba kembali vaksin Sinovac sejumlah 1,8 juta. Dengan ketibaan ini, maka sudah 3 juta vaksin Sinovac berada di Indonesia," ungkap Retno dalam konferensi pers virtual mengenai Perkembangan Vaksin Covid-19, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: OJK: Sentimen Vaksin Dorong Stabilitas Sektor Keuangan, Meski Masih Banyak Tantangan

Dia mengatakan, pemerintah terus melakukan diplomasi untuk membuka akses kerja sama dengan berbagai pihak dalam pengadaan vaksin Covid-19, baik secara bilateral maupun multilateral.

Selain mendatangkan vaksin Sinovac, pemerintah juga telah melakukan penandatanganan kerja sama pengadaan vaksin produksi AstraZeneca dari Inggris dan vaksin produksi Novavax dari Kanada. Jumlahnya masing-masing sebanyak 50 juta dosis.

"Penandatanganan pengamanan supply dari AstraZeneca dan Novavax telah kita lakukan hari ini," imbuh dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diplomasi dari sisi multilateral pun terus dilakukan melalui komunikasi dan koordinasi dengan WHO, GAVI Vaccine Alliance, dan lembaga internasional lainnnya. Tujuannya guna mengamankan vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Retno menjelaskan, pengamanan vaksin ini dilakukan melalui mekanisme COVAX-AMC (Advance Market Commitment) dengan rentang perkiraan perolehan adalah 3 persen hingga 20 persen jumlah penduduk.

"Kita akan kawal terus proses ini," tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X