Perdagangan Saham 2020 Ditutup, Investor Retail Jadi Penopang Stabilitas Pasar Modal

Kompas.com - 30/12/2020, 18:40 WIB
Ilustrasi BEI KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi BEI

JAKARTA, KOMPAS.comBursa Perdagangan Saham tahun 2020 ditutup oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto yang disaksikan oleh seluruh pelaku pasar secara virtual pada Rabu (30/12/2020).

“Saya ditugasi Presiden untuk menjelaskan perkembangan ekonomi dan pasar modal di tahun 2020. Transaksi investor retail sudah naik 4 kalilipat di tengah pandemi Covid-19. Ini artinya kepercayaan retail luar biasa, dan ini merupakan modal kita untuk mengembangkan pasar modal kedepan,” kata Airlangga dalam pidatonya, Rabu (30/12/2020).

Airlangga juga mengatakan, nilai tukar rupiah juga lebih bagus dibanding negara lain sperti India, Brasil, Turki ataupun Amerika Selatan.

Baca juga: Tutup Perdagangan Saham, Menko Airlangga Optimistis Bursa akan Terus Membaik

Di sisi lain, ekonomi akan terus bergerak dan pemerintah akan terus mendukung upaya pemulihan seperti pemberlakuan Undang-undang Cipta Kerja dan perencanaan vaksinasi Covid-19 yang diharapkan menurunkan jumalh kasus Covid-19.

“Ini diharapkan meningkatkan mobilitas masyarakat, dan mendorong prekonomian. Kami berharap kita semua bisa melawan Covid-19 dan mendorong pemulihan,” jelas dia.

Sementara itu, Inarno Djajadi Direktur Utama BEI dalam sambutannya mengatakan, sepanjang tahun 2020, pasar modal kerap dihadapkan oleh berbagai tantangan dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, regulator pasar modal mampu beradaptasi secara dinamis dan terus berupaya menjawab kebutuhan pasar, serta kembali mencatatkan sejumlah pencapaian yang mendukung kemajuan Pasar Modal Indonesia.

“Sektor retail di pasar modal Indonesia bangkit, dan semoga menjadi fondasi yang besar dalam pertumbuhan pasar modal kedepan, untuk terus memperkuat layanan dan menjaga momentum pasar modal Indonesia,” kata Inarno.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.