6 Langkah Untuk Kembali Membangun Karir di Tahun 2021

Kompas.com - 31/12/2020, 10:23 WIB
Ilustrasi bekerja dengan laptop Dok. ShutterstockIlustrasi bekerja dengan laptop

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 membawa perubahan dramatis pada pasar tenaga kerja dan cara banyak orang bekerja. Mulai dari penundaan atau penurunan gaji, PHK, dan penerapan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Meskipun tahun 2020 memberikan tekanan, Tracy Timm, penulis "Unstoppable: Discover Your True Value, Define Your Genius Zone, dan Drive Your Dream Career mengatakan, Anda tidak boleh sepenuhnya mengabaikan pelajaran berat di tahun 2020.

"Apa yang Anda pelajari dari kebingungan di tahun ini, harus bisa Anda terapkan dalam hidup dan karier Anda ke depan," kata Tracy melansir CNN, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: 5 Cara agar Peluang Karier Lebih Terbuka

Adapun beberapa hal yang bisa Anda fokuskan untuk membangun karir Anda di tahun 2021, antara lain :

1. Think big

Tidak menjadi masalah untuk berpikir muluk-muluk mengenai apa yang ingin Anda capai di tahun 2021. Namun hal terpenting adalah membagi tujuan Anda menjadi langkah-langkah kecil untuk Anda gapai dengan mudah.

"Ambil langkah bertahap. Begitu Anda mengambil langkah kecil dan mencapainya, itu adalah motivator,” kata Peggy Caruso, pelatih pengembangan pribadi dan eksekutif.

Jadi, jika tujuan Anda adalah mendapatkan promosi, rencanakan road map Anda menuju hal tersebut. Misalnya, dengang memimpin dua proyek baru, mendatangkan klien baru, atau mengambil kelas kepemimpinan dan bergabung dengan kelompok SDM karyawan.

2. Membangun link

Hal terpenting untuk memulai karir Anda adalah dengan memperluas jaringan Anda yang mungkin semapt menghilang di tahun 2020. Bangun kembali jaringan Anda dan carilah peluang karir pada jaringan yang Anda miliki. Inilah saatnya untuk merevitalisasi jaringan Anda yang mulai redup.

Anda bisa membuat acara pertemuan secara virtual, seperti dengan organisasi professional, asosiasi alumni. Memperkenalkan diri Anda bisa menjadi bagian tersulit, namun Anda bisa memberikan penjelasan secara singkat mengenai kegiatan Anda.

"Anda tidak perlu bicara banyak, berikan saja penjelasan singkat 30 detik tentang apa yang Anda lakukan agar mereka mengerti, karena semua orang suka membicarakan diri mereka sendiri," kata Peggy.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X