Kompas.com - 31/12/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi Omnibus Law. ShutterstockIlustrasi Omnibus Law.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Serap Aspirasi (TSA) UU Cipta Kerja baru saja menyampaikan laporan awal kepada pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Senin (28/11/2020) lalu.

Adapun hingga 30 Desember 2020, TSA UU Cipta Kerja telah menerima total 157 aspirasi yang berasal dari perseorangan, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan kalangan bisnis.

Wakil Juru Bicara TSA Dyah Paramita mengatakan pihaknya masih akan terus menerima masukan dari masyarakat sampai dengan awal Januari 2021. Nantinya, seluruh aturan turunan UU Cipta Kerja tersebut ditargetkan bisa rampung pada akhir Januari 2021.

"Seluruh peraturan turunan harus sudah selesai di akhir bulan Januari 2021 sehingga dapat difinalisasi sebelum 1 Februari 2021," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Begini Strategi Pengembangan Koperasi 2021

Dia pun menjelaskan, masyarakat yang ingin memberikan aspirasi terhadap aturan turunan UU Cipta Kerja dapat melalui tiga jalur, yakni melalui formulir online yang bisa diakses di bit.ly/tsakirimaspirasi.

Selain itu juga melalui email ke timserapaspirasi@ekon.go.id, juga melalui surat yang dikirim atau diantar langsung ke kantor Sekretariat TSA A di Gedung Kantor Pos Besar Lantai 6, Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, UU Cipta Kerja telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR pada 5 Oktober 2020 dan disahkan oleh Presiden pada 2 November 2020. Peraturan turunan yang tengah disusun mencakup 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres).

Draf RPP dan draf RPerpres yang tengah disusun dapat diakses di https://uu-ciptakerja.go.id/678-2/ dan https://uu-ciptakerja.go.id/daftar-rancangan-peraturan-presiden-uu-cipta-kerja/.

Baca juga: Kenaikan Tunjangan Kinerja PNS Tahun 2021 Ditunda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.