Kompas.com - 31/12/2020, 13:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan, ekspor pangan Indonesia naik 12,6 persen sepanjang 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara impor pangan turun sebesar 10 persen.

Menurutnya, penurunan tersebut disebabkan karena pemerintah memiliki program jangka panjang yang fokus membangun sumber pangan di setiap daerah.

"Impor kita turun 10 persen, sebabnya adalah kita telah membangun lumbung pangan baru baik di dataran rendah Kalimantan Tengah maupun dataran tinggi Sumatera Utara," ujar dia dalam keterangan resminya, Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Harga Cabai hingga Daging Sapi Diprediksi Masih akan Naik hingga Awal Januari 2021

Syahrul mengatakan, pihaknya juga telah mengambil langkah tambahan dengan memperluas area tanam di sejumlah daerah. Bahkan, perluasan area food estate akan mulai dikerjakan di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Maluku.

"Kami membuat langkah-langkah tambahan dan perluasan area tanam di 2021. Selain itu kami juga memiliki program penguatan diversifikasi pangan lokal," katanya.

Secara umum, lanjut dia, Kementan telah melakukan langkah antisipasi terkait kemungkinan adanya kekurangan pasokan pangan. Salah satunya dengan melakukan pemetaan dan mitigasi terhadao cuaca yang ada.

Ia bilang, Kementan melakukan percepatan dengan memburu air. Oleh sebab itu, Syahrul meyakini pasokan pangan pokok terkendali sepanjang 2020 maupun tahun kedepannya.

"Insya Allah semua bisa kita kendalikan. Secara umum, saya dapat pastikan bahwa kebutuhan bahan pokok terkendali dengan baik, bahkan kita mempersiapkan beras untuk 2 tahun ke depan," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.