Geser Bill Gates, Bos Tesla Jadi Orang Terkaya Kedua Dunia

Kompas.com - 02/01/2021, 09:09 WIB
CEO Tesla, Elon Musk HypebeastCEO Tesla, Elon Musk

NEW YORK, KOMPAS.com - Kumpulan miliarder dunia seolah berjalan di orbit yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya.

Saat pandemi Covid-19, kekayaan mereka bisa melonjak karena satu dan lain hal.  Sedangkan masyarakat umum, bergulat dengan melonjaknya pengangguran dan anjloknya pertumbuhan ekonomi. Tahun 2020 dan Covid-19 membuat kesenjangan itu semakin nyata.

Mengutip Bloomberg Billionaires Index, Sabtu (2/1/2021), 500 orang terkaya di dunia mengalami lonjakan kekayaan bersih gabungan sebesar 1,8 triliun dollar AS.

Dengan begitu, kekayaan bersih mereka saat ini bernilai sekitar 7,6 triliun dollar AS. Berdasarkan perhitungan, kekayaan tersebut melonjak 31 persen, sebuah lonjakan tahunan terbesar dalam sejarah 8 tahun Bloomberg Billionaires Index.

Baca juga: Geser Mukesh Ambani, Ini Orang Terkaya Asia yang Baru

Sebanyak 3 triliun dollar AS di antaranya bahkan dihasilkan saat pasar berada di titik nadir pada Maret 2020 lalu.

Dari 500 orang, ada 5 orang yang kekayaannya lebih dari 100 miliar dollar AS. Nilai ini tidak proporsional lantaran kekayaan rerata 20 orang di bawahnya hanya mencapai 50 miliar dollar AS.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapa sajakah mereka?

Pendiri platform belanja daring Amazon.com Inc, Jeff Bezos tetap menjadi orang kaya nomor satu dunia. Kekayaan Bezos melonjak karena tingginya antusiasme masyarakat dunia akan belanja online selama karantina berlangsung.

Di bawah Bezos bukan lagi nama pendiri Microsoft, Bill Gates, yang terpampang. Justru Elon Musk, pendiri perusahaan mobil listrik Tesla yang menguntitnya. Musk menjadi orang terkaya dunia setelah nilai Tesla Inc meroket.

Teranyar, Tesla bakal datang ke Indonesia Januari ini untuk membicarakan investasi potensial dengan pemerintah.

Gabungan kekayaan keduanya, Jeff Bezos dan Elon Musk, sudah mencapai 217 miliar dollar AS hanya dalam 12 bulan terakhir.

Gelombang kejut dari pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan industri. Miliarder yang kaya dari sektor-sektor real-estat bisa tergeser oleh miliarder yang bisnisnya baru terlihat saat pandemi.

Sebut saja Eric Yuan, pendiri aplikasi konferensi video Zoom Video Communications Inc. Saat pandemi, orang jadi lumrah menggunakan Zoom untuk rapat atau sekedar bercengkrama bersama keluarga.

Kemudian ada Zhong Shanshan, taipan dari botol air kemasan sederhana yang dijuluki "Lone Wolf". Lone Wolf melekat di diri Zhong karena dia tidak terlibat dalam urusan politik atau kerja sama dengan taipan China lainnya dalam bisnis-bisnisnya.

Zhong menjadi orang terkaya di Asia setelah IPO dua perusahannya meningkatkan kekayaan bersih sebesar 70,9 miliar dollar AS. Selain air kemasan, salah satu perusahaan Zhong ini menciptakan vaksin Covid-19.

Atas hal itu, Zhong mampu menggeser Mukesh Ambani dari India. Mukesh diketahui tengah mentransformasikan konglomerasinya menjadi raksasa e-commerce dan teknologi.

Tidak semua miliarder China berkembang di tahun 2020 ini. Jack Ma yang awalnya jadi orang terkaya di China, harus tergeser oleh segelintir miliarder China lainnya.

Padahal dia siap menambah kekayaannya dari pertumbuhan raksasa e-commerce Alibaba dan penawaran umum perdana Ant Group Co. Sayang, IPO Ant Group kandas di tangan pemerintah China dan membuat kekayaan Jack Ma merosot.

Baca juga: Ini 7 Orang Terkaya Indonesia dari Bisnis Kayu

Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X