Beroperasi Tahun Ini, Bandara Ngloram Blora Jadi Pengumpan Tujuan Semarang hingga Jakarta

Kompas.com - 03/01/2021, 15:32 WIB
Pesawat King Air B200 GT mendarat di bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2020). Dokumen Pemkab BloraPesawat King Air B200 GT mendarat di bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2020).

BLORA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan untuk meninjau progres proyek pembangunan Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Budi pun menyebut, bandara tersebut ditargetkan ditargetkan akan beroperasi di tahun 2021.

“Bandara Ngloram kita harapkan dapat beroperasi pada tahun 2021 untuk melayani penerbangan regular dan penerbangan charter. Oleh karena itu saya sengaja hadir di sini untuk mengecek progres pembangunan yang telah dilakukan,” jelas Budi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (3/1/2021).

Budi menjelaskan, Bandara Ngloram bakal menjadi bandara pengumpan untuk melayani penerbangan tujuan Semarang, Balikpapan, dan Jakarta (Halim Perdanakusumah). Selain itu juga melayani penerbangan dengan tujuan Malang dan Banyuwangi.

Baca juga: Pelanggan AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta Bisa Rapid Test Antigen Seharga Rp 95.000

Dengan landas pacu atau runway yang telah dibangun sepanjang 1500 m saat ini, Bandara Ngloram sudah mampu didarati pesawat jenis ATR-72.

Pada 30 Desember 2020 lalu, telah dilakukan proving flight oleh Pesawat NAM AIR ATR-72 untuk memastikan aspek keselamatan, dan pendaratan dapat dilakukan dengan selamat dan lancar.

Untuk melakukan pembangunan tersebut, pemerintah daerah, baik Pemprov Jateng dan Pemkab Blora, melakukan pembebasan lahan seluas 3,2 hektar pada tahun 2019 dan akan membebaskan lahan seluas 3,6 hektar pada tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pembangunan dan pengembangan aksaes jalan dari dan ke Bandara Ngloram dilakukan oleh Kementerian PUPR.

"Jajaran Ditjen Perhubungan Udara diharapkan dapat melaksanakan pembangunan dengan baik sesuai target waktu, dan memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan terpenuhi dengan baik, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.