Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Tahun Ini, Bandara Ngloram Blora Jadi Pengumpan Tujuan Semarang hingga Jakarta

Kompas.com - 03/01/2021, 15:32 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan untuk meninjau progres proyek pembangunan Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Budi pun menyebut, bandara tersebut ditargetkan ditargetkan akan beroperasi di tahun 2021.

“Bandara Ngloram kita harapkan dapat beroperasi pada tahun 2021 untuk melayani penerbangan regular dan penerbangan charter. Oleh karena itu saya sengaja hadir di sini untuk mengecek progres pembangunan yang telah dilakukan,” jelas Budi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (3/1/2021).

Budi menjelaskan, Bandara Ngloram bakal menjadi bandara pengumpan untuk melayani penerbangan tujuan Semarang, Balikpapan, dan Jakarta (Halim Perdanakusumah). Selain itu juga melayani penerbangan dengan tujuan Malang dan Banyuwangi.

Baca juga: Pelanggan AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta Bisa Rapid Test Antigen Seharga Rp 95.000

Dengan landas pacu atau runway yang telah dibangun sepanjang 1500 m saat ini, Bandara Ngloram sudah mampu didarati pesawat jenis ATR-72.

Pada 30 Desember 2020 lalu, telah dilakukan proving flight oleh Pesawat NAM AIR ATR-72 untuk memastikan aspek keselamatan, dan pendaratan dapat dilakukan dengan selamat dan lancar.

Untuk melakukan pembangunan tersebut, pemerintah daerah, baik Pemprov Jateng dan Pemkab Blora, melakukan pembebasan lahan seluas 3,2 hektar pada tahun 2019 dan akan membebaskan lahan seluas 3,6 hektar pada tahun 2021.

Adapun pembangunan dan pengembangan aksaes jalan dari dan ke Bandara Ngloram dilakukan oleh Kementerian PUPR.

"Jajaran Ditjen Perhubungan Udara diharapkan dapat melaksanakan pembangunan dengan baik sesuai target waktu, dan memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan terpenuhi dengan baik, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com