Bursa Efek New York Mau Tendang 3 Raksasa Telekomunikasi China

Kompas.com - 03/01/2021, 20:06 WIB
Bursa saham New York atau New York Stock Exchange Thinkstockphotos.comBursa saham New York atau New York Stock Exchange

KOMPAS.com - Bursa Efek New York ( NYSE) menyatakan akan menghapus 3 perusahaaan raksasa telekomunikasi China dari bursa (delisting).

Ketiga perusahaan tersebut yakni China Telecom, China Mobile, dan China Unicom Hong Kong. Dalam penyelidikan, ketiganya dituduh melakukan pelanggaran terkait keamanan negara.

Dilansir dari BBC, Minggu (3/1/2021), perdagangan saham tiga perusahaan tersebut di NYSE akan ditangguhkan sementara sebelum proses penghapusan dari salah satu bursa efek terbesar di dunia itu.

Ketiga perusahaan itu dianggap lebih banyak beroperasi dan meraup hampir seluruh pendapatannya di China. Sementara kehadiran mereka di AS dianggap sangat tidak signifikan.

Baca juga: Konglomerat Hong Kong Jimmy Lai Dijebloskan ke Penjara

Penghapusan ketiga perusahaan dari NYSE lebih dianggap sebagai gertakan simbolis dari pemerintah AS dalam babak baru kelanjutan ketegangan hubungannya dengan Beijing.

Dalam perdagangan saham di NYSE, saham ketiga perusahaan juga tak banyak diperjual-belikan. Ketiganya tercatat merupakan perusahaan BUMN milik pemerintah China.

Beberapa waktu lalu, Presiden Donald Trump menandatangani perintah yang melarang segala bentuk investasi perusahaan China yang memiliki kaitan dengan militer.

Secara spesifik, perintah Donald Trump tersebut yakni larangan membeli atau menjual saham perusahaan China yang masuk dalam daftar yang dirilis Pentagon.

Baca juga: Pemerintah China Mau Paksa Ant Group Divestasi Saham di Sektor Keuangan

Selain perusahaan BUMN China, pemerintah AS juga menargetkan sejumlah korporasi swasta Negeri Tirai Bambu yang beroperasi di negaranya seperti TikTok, Huawei, dan Tencent.

Perusahaan-perusahaan telekomunikasi China yang beroperasi di AS dianggap bisa membahayakan keamanan nasional.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X