KA Walahar Cikarang-Purwakarta Kembali Beroperasi, Tarifnya Tetap Rp 4.000

Kompas.com - 04/01/2021, 23:56 WIB
Para penumpang berjalan usai turun dari KRD Walahar Ekspres di Stasiun Cikampek, Selasa (23/10/2018). Banyak masukan dari masyarakat,  Pemkab Karawang akan menyurati bpemerintah pusat untuk mengusulkan Commuter Line sampai Stasiun Cikampek. KOMPAS.com/ FARIDA FARHANPara penumpang berjalan usai turun dari KRD Walahar Ekspres di Stasiun Cikampek, Selasa (23/10/2018). Banyak masukan dari masyarakat, Pemkab Karawang akan menyurati bpemerintah pusat untuk mengusulkan Commuter Line sampai Stasiun Cikampek.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal Walahar per 1 Januari 2021 setelah berhenti beroperasi sejak 24 April 2020 karena pandemi Covid-19.

"Saat ini, KA Lokal Walahar hanya melayani relasi Stasiun Cikarang-Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp 4.000. Sebelumnya, pada masa normal KA Lokal Walahar memiliki relasi Tanjung Priok-Purwakarta PP," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan resmi seperti dikutip dari Antara, Senin (4/1/2021).

Saat ini, lanjut dia, KA Walahar berangkat awal dari Stasiun Cikarang melewati dan melayani naik-turun penumpang, yakni Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta.

"Pengoperasian KA lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang," papar dia.

Baca juga: KAI: Arus Balik Mulai Terlihat Sejak Sabtu Kemarin

Ia menyampaikan masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Walahar dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan.

"Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat," kata Eva.

Ia juga menyampaikan ketentuan wajib untuk masyarakat yang akan naik KA Lokal itu, yakni calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam. Kemudian, calon penumpang wajib menggunakan masker. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

"Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA," kata Eva.

Untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, serta website resmi perseroan.

Baca juga: PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test Antigen Seharga Rp 105.000



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X