Kompas.com - 05/01/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah global ditutup melemah pada sesi perdagangan Senin (1/4/2021), pasca pembahasan antara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak beserta mitra (OPEC+) terkait kelanjutan pemangkasan produksi tidak mendapatkan sebuah kesimpulan.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (1/5/2021), harga minyak mentah acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), turun 90 sen atau setara 1,9 persen menjadi 47,62 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange. Ini menjadi penurunan terdalam dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Hal serupa juga dialami oleh minyak mentah acuan global, Brent, yang mengalami penurunan sebesar 71 sen menjadi 51,09 dollar AS per barrel di London ICE Futures Exchange.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Beli Minyak dari AS Malah Dibayar

Pada pertemuan hari pertama OPEC+, sebagian besar negara anggota termasuk Arab Saudi menolak rencana Rusia untuk kembali meningkatkan produksi sebesar 500.000 barrel per hari mulai Januari ini.

Para pelaku pasar pun merasa khawatir terkait ketidakpastian jumlah stok minyak mentah di tengah ancaman penurunan konsumsi, jelang penerapan kebijakan lockdown di sejumlah negara.

Tren penguatan harga minyak mentah pasca didistribusikannya vaksin Covid-19 ke sejumlah negara pun gagal dilanjutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan akan diterapkannya pembatasan pergerakan di sejumlah negara, konsumsi minyak mentah diproyeksi akan kembali melemah sepanjang paruh pertama tahun 2021.

Descartes Labs pun menyatakan, penurunan konsumsi minyak mentah sudah terefleksi dari terkontraksinya permintaan BBM pada pekan lalu, seiring berkurangnya jumlah kendaraan pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Pasar Minyak Global Diprediksi Masih Tak Pasti pada Semester Pertama 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.