Arab Saudi Akhirnya Setuju Pangkas Produksi, Harga Minyak Melonjak

Kompas.com - 06/01/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi akhirnya sepakat untuk memangkas produksi minyak mentah sebesar 1 juta barrel per hari secara sukarela. Pengumuman tersebut langsung mendongkrak harga minyak mentah dunia pada sesi perdagangan Selasa (5/1/2021) waktu setempat.

Dikutip dari CNBC, Rabu (6/1/2021), harga minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI), sempat menembus level 50 dollar AS per barrel, hingga akhirnya ditutup pada level 49,93 dollar AS per barrel, menguat 2,31 dollar AS atau 4,85 persen dari sesi perdagangan sebelumnya.

Penguatan besar-besaran juga dialami oleh minyak mentah acuan global, Brent, yang ditutup menguat 2,51 dollar AS atau 4,9 persen ke level 53,6 dollar AS per barrel.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Merosot, Ini Penyebabnya

Pada pertemuan hari kedua, negara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak beserta mitra (OPEC+), sepakat untuk merelaksasi kebijakan pemangkasan produksi minyak sebesar 75.000 barrel per hari pada Januari ini.

Penurunan produksi kemudian akan kembali ditingkatkan pada Februari, yakni sebesar 120.000 barrel per hari dan 195.000 barrel per hari.

"Rencana perpanjangan kebijakan lockdown di Inggris dan sejumlah negara Eropa mengkhawatirkan OPEC+," ujar Analis Again Capital, John Kilduff.

Namun, tidak lama berselang setelah pertemuan selesai, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana pemangkasan sebesar 1 juta barrel per hari yang akan dimulai Februari mendatang dan dilanjut pada Maret.

Dengan adanya langkah suka rela tersebut, maka total pemangkasan produksi minyak mentah secara global mulai Februari mendatang sebesar 8,125 juta barrel per hari dan 8,05 juta barrel per hari pada Maret.

Baca juga: Pasar Minyak Global Diprediksi Masih Tak Pasti pada Semester Pertama 2021




Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X