Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota KUR Bank-bank BUMN Naik Pesat di 2021

Kompas.com - 06/01/2021, 11:31 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan menambah plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2021. Itu dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Kenaikan itu membuat jatah KUR bank-bank besar meningkat tahun ini.

Total plafon KUR tahun ini mencapai Rp 253 triliun atau naik 15 persen dari anggaran tahun 2020 yakni Rp 220 triliun.

Penyaluran KUR perbankan memang berangsur membaik sejak kuartal III 2020 setelah sempat mengalami kontraksi pada pada kuartal II di awal pandemi mencuat.

Baca juga: Pemerintah Tambah Besaran dan Perpanjang Subsidi Bunga KUR hingga 2021

BNI misalnya tahun ini mendapat kuota KUR Rp 32 triliun atau bertambah Rp 10 triliun dari jatah yang diperoleh pada tahun 2020.

Rencana Kementerian BUMN membuat spesifikasi bank pelat merah dimana BNI akan didorong melakukan ekspansi Internasional rupanya tidak berdampak pada jatah KUR perseroan.

GM Divisi Bisnis Usaha Kecil-2 BNI Bambang Setyatmojo mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan matang untuk menyalurkan KUR yang akan difokuskan pada sektor pertanian, industri dan jasa.

"Ada beberapa strategi yang kami siapkan. Pertama, melakukan digitalisasi proses bisnis untuk peningkatan kecepatan dan keakuratan," katanya pada Kontan, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Rincian Terbaru Harga Emas Batangan 24 Karat di Pegadaian

Kemudian, BNI akan menambah jaringan pelayanan baik online maupun lewat outlet pemutus KUR. Perseroan juga akan melakukan kolaborasi dengan mitra usaha atau value chain dari debitur BNI dan juga dengan mitra pihak ketiga, termasuk fintech.

Di tengah tekanan COvid-19, BNI berhasil menyalurkan KUR Rp 21,3 triliun sepanjang 2020 dimana lebih dari 50 persen disalurkan ke sektor produksi.

Ada sekitar Rp 700 miliar dari kuota yang didapat tahun lalu tidak tersalurkan. Penyebabnya, permintaan KUR sangat berkurang pada saat fases shock Covid-19 yakni bulan April- Juni. BNI baru bisa menggenjot penyaluran KUR pada bulan sejak Juli hingga Desember.

"Dengan tren peningkatan permintaan dan kemampuan penyaluran yang sudah kembali normal sejak Juli, kami optimis dapat membantu menyediakan akses KUR yang makin mudah bagi pelaku UMKM," ujar Bambang.

BRI yang dikenal fokus di segmen UMKM mendapat kuota KUR Rp 170 triliun tahun 2021. Itu jauh meningkat dari kuota yang diberikan tahun lalu yakni Rp 140 triliun.

Untuk menyukseskan KUR tahun ini, BRI akan melakukan digitalisasi proses bisnis memaksimalkan penggunaan aplikasi proses kredit secara digital melalui BRISpot, mengoptimalisasi referal dari agen BRILink, serta partnership dengan fintech atau e-commerce.

Sama seperti BNI, BRI juga tidak berhasil merealisasikan kuota KUR tahun 2020 karena lesunya permintaan di bulan-bulan awal pandemi Covid-19 mencuat.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com