2 Perusahaan Ini Kolaborasi Hasilkan Energi Tenaga Surya dengan Daya 4,5 MW

Kompas.com - 06/01/2021, 15:14 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Gili Trawangan KOMPAS/EVY RACHMAWATIPembangkit Listrik Tenaga Surya di Gili Trawangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Cleantech Solar, salah satu pengembang photovoltaic (PV) berskala industri dan komersil di Asia, menjalin kerja sama jangka panjang dengan PT Elangperdana Tyre Industry untuk proyek energi tenaga surya sebesar 4,5 MW.

Cleantech Solar menyajikan solusi menyeluruh dan menjamin kinerja sistem PV tenaga surya sepanjang masa perjanjian yang berlangsung selama 25 tahun.

Proyek kerja sama ini mendukung agenda keberlangsungan PT Elangperdana Tyre Industry dengan menghasilkan lebih dari 136.300 MWh listrik bersih atau setara dengan pengurangan lebih dari 117.500 ton emisi karbon dioksida atau CO2.

Baca juga: DEN Dorong Percepatan Transisi Menuju Energi Baru Terbarukan

Dengan beralih ke energi surya, PT Elangperdana Tyre Industry menikmati manfaat sumber listrik yang lebih bersih dan murah serta memberi daya pada proses manufaktur tanpa mengeluarkan investasi lebih lanjut.

Langkah ini berkontribusi pada target Indonesia untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan hingga 23 persen pada tahun 2025.

"Selain bertujuan untuk membangun masa depan yang ramah lingkungan, kami ingin meningkatkan kesadaran umum tentang pelestarian lingkungan karena proyek tenaga surya ini akan memainkan peran penting dalam mengurangi emisi karbon kami," kata Dicky Mursalie, Managing Director PT Elangperdana Tyre Industry dalam siaran persnya, Rabu (6/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dicky berpendapat, melalui upaya berkesinambungan sebagai badan usaha ramah lingkungan yang membawa dampak positif bagi komunitas, PT Elang Perdana Tyre Industry akan senantiasa mengambil langkah serupa untuk memberikan kontribusi positif bagi karyawan, masyarakat, dan lingkungan.

Baca juga: Pertamina Siap Terbitkan Surat Utang untuk Investasi ke Energi Baru Terbarukan

"Apalagi dengan dukungan letak Indonesia di wilayah tropis yang menurut saya sangat strategis karena sinar matahari merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah," ucapnya.

Sementara itu, Founder and Executive Chairman Cleantech Solar Raju Shukla mengatakan, pihaknya mengaku senang dapat bermitra dengan Elang Perdana dalam melakukan transisi menuju sumber daya energi terbarukan.

"Kami menantikan semakin banyak kolaborasi serupa di Indonesia, yang akan membantu perusahaan mencapai target keberlangsungan lingkungan dan penghematan biaya, serta berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia," ucap Shukla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.