Optimisme Pemulihan Ekonomi Dorong Rupiah Ditutup Menguat Sore Ini

Kompas.com - 06/01/2021, 15:49 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.comNilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini menguat, pada Rabu (6/1/2021).

Melansir Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini menguat tipis 20 poin (0,14 persen) pada level Rp 13.895 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 13.910 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan tipis rupiah sore ini ditopang oleh membaiknya data ekonomi baik eksternal, maupun internal. Dengan demikian investor optimis dengan pemulihan ekonomi di tahun 2021.

Baca juga: Mau Tukar Dollar AS? Cek Kurs Rupiah di 5 Bank Ini

“Dengan membaiknya data ekonomi baik ekaternal maupun internal membuat pelaku pasar optimis, pertumbuhan ekonomi baik global maupun domestik akan kembali membaik sehingga aliran modal asing akan kembali masuk dalam pasar finansial dalam negeri,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh 4,4 persen pada 2021 yang dalam laporan Bank Dunia bertajuk "Global Economic Prospects" edisi Januari 2021.

Prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik didasarkan pada distribusi dan peluncuran vaksin yang efektif pada kuartal I 2021.

Meski ekonomi mulai pulih, aktivitas ekonomi diprediksi masih belum kembali sepenuhnya seperti sebelum pandemi Covid-19. Sebab, dampak pandemi bersifat jangka panjang.

Selain pemerintah juga secara resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lebih ketat yang berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali lantaran penyebaran Covid-19 relatif lebih tinggi.

Baca juga: Tak Mampu Bangkit, IHSG Sore Ini Jatuh di Zona Merah

Adapun pembatasan yang akan di lakukan adalah pertama, membatasi Work From Office (WFO). WFO hanya menjadi 25 persen dan Work From Home (WFH) menjadi 75 persen.

Kedua, kegiatan belajar mengajar masih akan daring. Ketiga, sektor esensial khusus kebutuhan pokok masih akan beroperasi 100 persen, namun dengan protokol kesehatan.

Keempat, dilakukan pembatasan jam buka pusat perbelanjaan alias mal sampai jam 19.00 WIB. Untuk restoran 25 persen dan pemesanan makanan harus take away, atau delivery. Kelima, konstruksi masih tetap berjalan 100 persen dengan protokol kesehatan ketat dan rumah ibadah dibatasi 50 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X