Harga Minyak Menguat ke Level Tertinggi dalam 10 Bulan Terakhir, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 07/01/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah global menguat ke level tertinggi sejak Februari 2020 pada sesi perdagangan Rabu (6/1/2021).

Rencana pemangkasan produksi secara besar-besaran yang akan dilakukan oleh Arab Saudi menjadi sentimen utama pendongkrak harga minyak.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (7/1/2021), harga minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman Februari menguat 70 sen atau 1,4 persen ke level 50,63 dollar AS per barrel.

Baca juga: Arab Saudi Akhirnya Setuju Pangkas Produksi, Harga Minyak Melonjak

Penguatan juga dialami harga minyak mentah acuan global, Brent, yang merangkak naik 70 sen atau setara 1,3 persen ke level 54,3 dollar AS per barrel.

Rencana pemangkasan produksi sebesar 1 juta barrel per hari yang akan mulai dilakukan pada Februari mendatang oleh Pemerintah Arab Saudi menjadi pengkerek utama harga minyak mentah.

Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman, mengatakan, langkah pemangkasan yang akan dilakukan hingga Maret itu diyakini berdampak terhadap penjualan dalam negeri maupun ekspor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini merupakan hadiah dan kejutan yang luar biasa," katanya, dikutip Rabu.

Selain pemangkasan tersebut, data Pemerintah AS menunjukkan, stok penyimpanan minyak mentah hasil produksi dalam negeri mengalami penurunan ke level terendah sejak Agustus 2020.

Meskipun data Administrasi Informasi Energi AS menunjukan, stok BBM meningkat sementara konsumsi menurun, momentum penguatan harga minyak mentah masih dapat terjaga oleh kedua sentimen tersebut.

Kendati demikian, Goldman Sachs Group, mewanti-wanti, pelemahan permintaan minyak sudah mulai terlihat dari rencana pemangkasan yang akan dilakukan Arab Saudi.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.