Grab Indonesia Akan Ambil Langkah Hukum, Ini Respons GrabToko

Kompas.com - 07/01/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi banner diskon Grab Toko KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaIlustrasi banner diskon Grab Toko

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab Indonesia berencana akan mengambil langkah hukum yang diperlukan untuk melindungi reputasi merek yang ikut disebut-sebut dalam dugaan kasus penipuan yang dilakukan oleh GrabToko.

Banyak yang mengira bahwa GrabToko merupakan bagian dari Grab Indonesia.

Padahal, GrabToko merupakan platform jual beli yang baru didirikan pada Agustus 2020 yang menjajakan berbagi produk elektronik, mulai dari laptop, ponsel, hingga alat gaming dengan harga yang miring.

Baca juga: Mau Klaim Token Gratis Via PLN Mobile? Begini Caranya

 

Adapun Grab Indonesia merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang ride-hailing.

Menanggapi pernyataan Grab Indonesia yang akan melakukan tindakan hukum atas penggunaan nama serupa, GrabToko menegaskan, pihaknya tidak ada hubungan apa pun dengan Grab Indonesia.

"Kami tidak ada hubungan apapun dengan @grabid," tulis salah satu anggota GrabToko melalui instastory Instagram @GrabToko, Kamis (7/1/2021).

Pihaknya mengakui, sebelum melakukan pembuatan PT, GrabToko sudah mengecek di AHU online yang merupakan sistem Pelayanan Publik secara Online milik Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Ketika dicek, nama GrabToko ternyata bisa digunakan.

Baca juga: Diduga Penipu, Rekening Grab Toko Diblokir BCA

"Kita sudah mengecek di AHU dan nama Grab Toko bisa digunakan dan KBLI pun berbeda jauh. Hal inilah yang selalu kami tekankan, apabila ada orang yang bertanya," tulisnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X