Kilang Cilacap Produksi 334.000 Liter Pertalite Per Bulan

Kompas.com - 08/01/2021, 21:12 WIB
Pertamina menerapkan harga khusus Pertalite di Jakarta Timur mulai Minggu (22/11/2020). DOK. ISTIMEWAPertamina menerapkan harga khusus Pertalite di Jakarta Timur mulai Minggu (22/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional di Refinery Unit IV Cilacap kini memproduksi BBM jenis Pertalite, dengan kapasita 2,1 juta barrel per bulan atau 334.000 kilo liter (KL).

Pjs Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Kevin Kurnia Gumilang mengatakan, hal tersebut akan semakin memperkuat ketahanan energi di wilayah Jawa Tengah khususnya.

“Saat ini sesuai data yang kami miliki, konsumsi produk BBM gasoline jenis Pertalite mendominasi penyaluran di seluruh SPBU Jawa Bagian Tengah dengan persentase rata-rata perhari sebesar 75 persen atau sekitar 9.000 Kiloliter per hari” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (8/1/2021).

Baca juga: 11 Wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta Layani Program Diskon Pertalite, Dimana Saja?

Lebih lanjut Kevin menyebut, produk Pertalite menjawab kebutuhan spesifikasi kendaraan saat ini yang rata-rata membutuhkan RON di atas 90 sebagai bahan bakarnya.

“Spesifikasi mesin kendaraan harus disesuaikan dengan angka oktan bahan bakar agar terjadi pembakaran yang sempurna sehingga emisi gas buang kendaraan pun menjadi lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

“Saat ini telah dijalankan di 11 Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah di antaranya Kabupaten Banjarnegara, Pati, Gunung Kidul, Bantul, dan lainnya memiliki tujuan untuk penggunaan bahan bakar yang lebih baik untuk udara yang lebih bersih,” ucap Kevin.

Baca juga: Tak Sesuai Ketentuan Pemerintah, Akankah Wacana Hapus Premium dan Pertalite Terealisasi?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X