Ini 20 Maskapai Teraman di Dunia pada 2021

Kompas.com - 11/01/2021, 12:13 WIB
Sunset di Bandara Ngurah Rai Shutterstock/I Gede Arya Wisnu KarsanaSunset di Bandara Ngurah Rai

JAKARTA, KOMPAS.com - Keamanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia penerbangan.

Semua orang tentu ingin mendarat dengan sempurna dari perjalanan penerbangan yang cukup menyita adrenalin.

Setiap perusahaan maskapai penerbangan memiliki standar keamanan masing-masing. Mereka memiliki protokol keselamatan dan cara menanggulangi insiden dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Merunut Penyebab Jatuhnya Pesawat Terbang Sriwijaya Air SJ 182

AirlineRatings.com merilis 20 maskapai teraman di dunia yang dipantau dari 385 maskapai berbeda.

Dikutip pada Senin (11/1/2021), maskapai penerbangan Australia, Qantas, dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut.

Selain itu, Qantas juga menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang akan diterbangkan karakter Dustin Hoffman dalam film Rain Man tahun 1988 karena tidak pernah jatuh.

Maskapai ini memang pernah mengalami kecelakaan fatal sebelum tahun 1952, tetapi tidak ada korban jiwa selama 70 tahun sejak saat itu.

"Qantas telah menjadi maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan operasional keselamatan utama selama 60 tahun terakhir dan tidak mengalami hal yang menyebabkan kematian," ujar Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas.

Qantas tidak sendirian. Maskapai yang sudah lama berdiri seperti Hawaiian dan Finnar juga memiliki rekor sempurna pada era pesawat jet.

Thomas mengatakan, maskapai yang mengalami insiden setiap hari diakibatkan bukan karena masalah operasional maskapai, melainkan dari masalah pembuatan pesawat atau mesin pesawat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X