Kompas.com - 11/01/2021, 14:54 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi internal bersama KKP dan Pemerintah Provinsi Bali di Jakarta, Rabu (6/1/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi internal bersama KKP dan Pemerintah Provinsi Bali di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada Rabu (13/1/2021).

Sembari menunggu vaksinasi, Luhut meminta agar semua pihak bisa mengendalikan angka kasus covid yang meningkat semenjak libur panjang Natal dan tahun baru.

"Jika ini kita kerjakan sungguh-sungguh di semua tempat, saya kira kita akan bisa contain atau menglokalisasi Covid-19 sambil kita akan mulai vaksinasi hari Rabu secara nasional," katanya secara virtual dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Senin (11/1/2021).

Baca juga: 3 Tips Menyikapi Maraknya Fenomena Influencer Saham

Luhut menuturkan, pembatasan aktivitas masyarakat atau PPKM di Provinsi Bali juga perlu diperketat.

"Bali kemarin datanya (kasus covid) naik tinggi dampak dari liburan panjang. Oleh karena itu, sekarang perlu diketatkan kembali pengawasan terhadap pelaksanaan swab maupun mengenai rapid tes antigen dan penyiapan karantina dan protokol kesehatan disusun Kementerian Kesehatan dan betul-betul dilakukan," ujar dia.

Luhut juga mengingatkan agar protokol kesehatan diterapkan dalam segala kegiatan yang dihelat secara langsung agar tidak terjadi gelombang lanjutan kenaikan kasus Covid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Besok, 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 dari Sinovac Akan Tiba di RI

Pasalnya, dia menyebutkan negara-negara yang mulai menghadapi gelombang lanjutan akan kasus covid yang meninggi. Seperti Inggris, Thailand, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

"Saya juga berharap, apapun yang kita selenggarakan tetap kita harus memenuhi protokol kesehatan. Karena kita menghadapi Covid-19 ini betul-betul kita harus all out. Karena jangan sampai kita maju ke sini, tapi kita tidak dapat mengendalikan Covid-19," harapnya.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.