Tips Memulai Bisnis Bagi Generasi Milenial dan Gen Z

Kompas.com - 11/01/2021, 15:44 WIB
Ilustrasi gen Z dan milenial FREEPIKIlustrasi gen Z dan milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki usaha sendiri menjadi impian banyak anak muda saat ini.

Hal ini pun tak luput bagi para generasi milenial, terutama di kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut mereka untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Tren ini rupanya juga diikuti oleh generasi yang lebih muda yakni Gen Z yang lahir antara 1996 hingga 2016.

Baca juga: UMKM dan Milenial Bisa Dapat Modal Usaha lewat Securities Crowdfunding

Namun, baik milenial maupun gen Z, mereka menghadapi masalah yang sama ketika mau memulai bisnis mereka.

“Banyak di antara mereka tidak mempunyai pengalaman, bingung dan ragu mengambil setiap keputusan penting dalam bisnis sehingga semakin lama untuk berkembang dan berjalan sampai ke tujuan yang diinginkan," ujar konsultan bisnis, Suhendro dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/1/2021).

Untuk menjawab tantangan tersebut, Suhendro pun memberikan beberapa tips bagi generasi milenial dan gen Z untuk memulai berbisnis.

1. Tak ada yang instan

Seringkali untung besar di awal bisnis jadi impian banyak pebisnis pemula. Padahal, dalam berbisnis, ada proses yang harus dilalui.

Pemilik akun IG @suhendrowang itu mengatakan, orang yang saat ini terlihat sukses dalam bisnisnya, tentu mereka sudah melewati berbagai proses dengan penuh kesabaran.

Jadi, jangan membayangkan keuntungan instan saat baru memulai bisnis. Justru yang terpenting adalah kelangsungan bisnis itu sendiri agar bisa bertahan di jangka panjang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X