BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Tokopedia

Terkesan Sepele, Ini Manfaat Pakai Asuransi Saat Belanja Online

Kompas.com - 12/01/2021, 08:04 WIB
Ilustrasi berbelanja online Dok. Shutterstock/FizkesIlustrasi berbelanja online

KOMPAS.com – Berbelanja barang secara online bukan menjadi kegiatan baru bagi Putri Permata (25). Hampir setiap bulan ia melakukan belanja online untuk membeli beragam kebutuhan.

Namun, pengalaman berbelanja online Putri baru-baru ini tidak semenyenangkan biasanya. Pasalnya, barang yang ia beli rusak ketika diterima.

Perempuan asal Cirebon itu bercerita, ia membeli beberapa produk makeup secara online. Ketika memeriksa paket yang diterima, ia menemukan salah satu makeup dalam keadaan rusak.

“Waktu itu beli beberapa makeup. Pas datang, ternyata foundation yang dibeli rusak. Ada juga satu barang pesanan yang tidak dikirim, padahal sudah dibayar,” kata Putri lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (6/1/2020).

Putri yang kecewa dengan kondisi barang pesanannya pun mencoba mengajukan komplain ke pihak penjual. Sayangnya, ia tidak mendapatkan respons yang baik.

“Penjualnya slow response dan hanya minta maaf, enggak ada menawarkan penggantian atau apa. Karena sudah malas juga, akhirnya saya ikhlaskan saja deh,” ucap Putri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kejadian yang menimpa Putri itu bukanlah hal baru. Konsumen yang berbelanja secara online kerap kali merasa cemas dan takut barang yang sudah dibeli tidak dikirim oleh penjual, mengalami kerusakan saat proses pengiriman, atau barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan.

Namun, kerugian dari kejadian tersebut sebenarnya dapat diantisipasi jika konsumen memahami pentingnya asuransi dalam transaksi belanja online.

Manfaat asuransi saat belanja online

Layaknya asuransi pada umumnya, asuransi pada belanja online berfungsi sebagai perlindungan, yakni mengurangi kerugian yang dialami pembeli jika terjadi musibah atau kejadian tidak terduga.

Jika hal tersebut terjadi, konsumen cukup mengajukan klaim untuk bisa mendapatkan penggantian atas barang yang dibeli. Asuransi juga memberikan jaminan perlindungan pada proses pengiriman barang yang dibeli konsumen.

Selain menjamin keamanan produk pada proses pengiriman, asuransi juga memberikan perlindungan dari kerusakan akibat kelalaian dalam penggunaan pada barang yang telah dibeli. Konsumen bisa mendapatkan beragam manfaat perlindungan dalam jangka waktu tertentu sesuai jenis barang yang dibeli.

Misalnya, barang elektronik yang dibeli tidak sengaja terjatuh atau terkena tumpahan air. Selama masa proteksi aktif, konsumen bisa mengajukan klaim atas kerusakan barang tersebut kepada penyedia asuransi.

Kabar baiknya, semua manfaat asuransi itu bisa kamu temukan saat berbelanja di Tokopedia.

Ragam asuransi belanja online

Tidak hanya menyediakan asuransi pengiriman barang, Tokopedia juga menawarkan proteksi lebih kepada konsumennya lewat asuransi Proteksi Produk, Proteksi Tagihan, dan Asuransi Perjalanan.

Proteksi Produk merupakan perlindungan tambahan untuk produk-produk yang dibeli lewat Tokopedia dengan premi yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 500.

Berbeda dengan Garansi Toko, Proteksi Produk memberikan perlindungan terhadap insiden yang belum terakomodasi, seperti perampokan, kerusakan akibat ketidaksengajaan, hingga kerusakan akibat terkena cairan atau kebanjiran.

Adapun jenis-jenis proteksi yang diberikan di antaranya Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, Proteksi Kerusakan Total, dan Proteksi Furniture.

Proteksi ini dapat melindungi berbagai jenis barang apabila terjadi kerusakan maupun kehilangan dan berlaku hingga 24 bulan. Proteksi tersebut baru aktif pada saat pembeli menerima barang.

Konsumen tidak perlu khawatir soal keamanan asuransi produk di Tokopedia. Sebab, e-commerce ini bekerja sama dengan beberapa mitra asuransi tepercaya untuk memaksimalkan program Proteksi Produk.

Perusahaan asuransi yang menjadi partner Tokopedia, yakni PT Asuransi MSIG Indonesia dan Asuransi Simas Insurtech (Proteksi Furniture), PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia (Proteksi Otomotif, Proteksi Ibu dan Anak, Proteksi Travel dan Hobi), PT Asuransi Adira Dinamika (Proteksi Gadget), dan Asuransi Simas Insurtech (Proteksi Elektronik).

Sementara itu, asuransi Proteksi Tagihan akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan perlindungan lebih ketika membayar tagihan produk digital lewat Tokopedia, seperti tagihan listrik, air, internet, dan TV kabel.

Cukup dengan membayar premi mulai dari Rp 3.000, kamu dapat menerima jaminan kompensasi hingga Rp 500.000 atas ketidaknyamanan jika produk tagihan yang dibayarkan mati selama minimum 2 jam berturut-turut.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan Asuransi Perjalanan bagi konsumen yang membeli tiket transportasi, seperti kereta api dan pesawat, lewat aplikasi e-commerce ini.

Dengan membayar premi mulai dari Rp 6.000, konsumen sudah mendapatkan perlindungan serta jaminan keselamatan pribadi dan barang bawaan selama perjalanan. Keterlambatan perjalanan juga menjadi salah satu manfaat yang akan diterima.

Tak hanya premi yang terjangkau, proses klaim asuransi di Tokopedia tergolong mudah dan sederhana. Bahkan, beberapa jenis asuransi, seperti Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, dan Asuransi Perjalanan Pesawat, dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi Tokopedia.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan asuransi saat berbelanja secara online. Dengan memanfaatkan asuransi, kamu bisa berbelanja online dengan tenang, aman, dan menyenangkan.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.