Menkes: Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum Paling Cepat Diberikan Akhir April 2021

Kompas.com - 12/01/2021, 15:49 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19, efikasi vaksin Sinovac di Indonesia lebih rendah dari Turki dan Brasil. SHUTTERSTOCK/Orpheus FXIlustrasi vaksin Covid-19, efikasi vaksin Sinovac di Indonesia lebih rendah dari Turki dan Brasil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan pemberian vaksin kepada masyarakat umum bisa dilakukan paling cepat dilakukan pada akhir April 2021.

Hal tersebut dikatakan Budi saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (12/1/2021).

“Kami harapkan di akhir April atau awal Mei kita bisa melakukan untuk seluruh masyarakat,” ujar Budi.

Baca juga: Bio Farma Mampu Produksi Vaksin Covid-19 Hingga 250 Juta Dosis per Tahun

Budi menjelaskan, tahap pertama vaksinasi akan diberikan kepada 1,46 juta para tenaga kesehatan yang kerap berinteraksi dengan pasien Covid-19.

Tahap kedua, kata Budi, pemerintah membaginya menjadi dua golongan.

Golongan pertama, atau 2a diberikan kepada petugas pelayanan publik. Golongan kedua, atau 2b akan diberikan kepada lansia.

“Kita akan berikan 17,4 juta petugas publik. Jadi setelah petugas kesehatan kita akan berikan ke petugas publik adalah orang yang dalam tugasnya sehari-hari bertemu dengan banyak orang,” kata Budi.

Sementara itu, untuk golongan 2b atau para lansia diperkirakan akan diberikan kepada 21,5 juta orang.

Baca juga: Menkes Ungkap Kesulitan Distribusi Vaksin Covid-19 ke Sumsel dan Sumut

Menurut Budi, vaksinasi bagi para petugas publik dan para lansia ini ditargetkan dimulai pada Maret 2021 dan diharapkan rampung pada akhir April 2021.

Jika tahap kedua itu selesai, barulah 63,9 juta masyarakat kategori rentan diberikan vaksinasi Covid-19.

Masyarakat rentan merupakan orang yang tinggal di daerah dengan resiko penularan tinggi.

Setelah tahap kedua, barulah dilakukan vaksinasi bagi kategori masyarakat lainnya. Diperkirakan vaksinasi tersebut dilakukan mulai April 2021 hingga April 2022.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X