Berapa Biaya Tes DNA di RS Indonesia?

Kompas.com - 13/01/2021, 16:07 WIB
Sebuah ilustrasi struktur DNA yang merupakan bentuk heliks. KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah ilustrasi struktur DNA yang merupakan bentuk heliks.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tes DNA alias asam deoksiribonukleat (deoxyribonucleic acid) seringkali digunakan sebagai identifikasi garis keturunan atau hubungan darah.

DNA sendiri menyimpan semua informasi yang berkaitan dengan genetik. Sehingga jasa tes DNA juga sering digunakan untuk mengetahui riwayat penyakit tertentu pada seseorang.

Di Indonesia, saat ini sudah banyak rumah sakit (RS) dan laboratorium yang menyediakan layanan tes DNA. Lalu berapa biaya tes DNA di Indonesia?

Dikutip dari Kontan, Rabu (13/1/2021), salah satu rumah sakit besar yang menyediakan tes DNA adalah RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo. Di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan tersebut, harga tes DNA keturunan berkisar Rp 10 juta.

Baca juga: Tren Sewa Studio Bioskop, Berapa Harga di CGV?

Tarif tes DNA berbeda-beda di setiap rumah sakit dan laboratorium. RSUP Sanglah membanderol tarif tes DNA sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8 juta.

Sementara itu dikutip dari Antara, salah satu perusahaan penyedia layanan laboratorium di Indonesia, PT Cordlife Persada, membanderol layanan tes DNA berkisar Rp 8 juta sekali pemeriksaan.

Product Marketing Manager PT Cordlife Persada, Talitha Prameswari, menjelaskan harga tes DNA tersebut meliputi tes laboratorium dengan sampel air liur.

"Pakai air liur. Cukup meludah saja di tabung yang sudah disediakan. (Sampel) akan kami kirim ke lab kami di Jepang. Hasilnya (tes DNA) keluar versi digital lewat email. Untuk waktunya sekitar satu bulan," terang Talitha.

Baca juga: Jadi Polemik di RI, Berapa Harga Lobster di Pasar Dunia?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X