Vaksinasi Dimulai, Menaker Berharap Pelaku Usaha Kembali Serap Tenaga Kerja

Kompas.com - 13/01/2021, 17:40 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan sambutan secara virtual di Jakarta, Senin (4/1/2021). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan sambutan secara virtual di Jakarta, Senin (4/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap agar pelaku usaha kembali menyerap tenaga kerja yang dirumahkan selama pandemi seiring dengan dimulainya vaksinasi Covid-19.

"Kepada para pelaku usaha dan para pemangku kepentingan di sektor ketenagakerjaan agar kiranya bersama-sama mendorong kelancaran upaya vaksinasi ini," ujarnnya kepada Kompas.com, Rabu (13/1/2021).

Ida menuturkan vaksinasi ini bisa membantu menopang pertumbuhan ekonomi nasional agar tumbuh positif sehingga dapat segera menekan angka pengangguran.

Baca juga: Imbas Pandemi, Penambahan Infrastruktur Kelistrikan Pada 2020 Tak Capai 60 Persen

" Vaksinasi ini penting untuk menekan laju pandemi Covid-19 dan diharapkan dapat membantu segera pembentukan herd immunity sehingga akan meningkatkan perlindungan lebih baik terhadap tenaga kerja," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi menargetkan, sebanyak 2 juta tenaga kerja yang menganggur dapat kembali bekerja pada tahun 2022. Dan tingkat pengangguran bisa ditekan hingga 5 persen sesuai target 5 tahun sebelum masa pandemi.

Sementara pada Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah angka pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta orang atau naik 2,67 juta orang. Untuk tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mengalami kenaikan dari 5,23 persen menjadi 7,07 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X