Induk Perusahaan Shopee Akuisisi Bank Kesejahteraan Ekonomi?

Kompas.com - 14/01/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Bank Kesejahteraan Ekonomi KONTAN/Achmad FauziIlustrasi Bank Kesejahteraan Ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan asal Singapura, Singapore's Sea Ltd dikabarkan mengakuisisi PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE).

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (14/1/2021) induk perusahaan e-commerce Shopee tersebut telah memegang secara penuh kendali dari Bank BKE setelah membeli saham dari pemegang saham PT Danadipa Artha Indonesia dan PT Koin Investama Nusatara.

Sumber Bloomberg yang tidak ingin disebut namanya menjelaskan, pembelian saham tersebut dilakukan oleh anak usaha Sea, Turbo Cash Hong Kong Ltd.

Baca juga: Luhut: Presiden Jokowi Ingin China Lanjutkan Proyek Kereta Cepat hingga Surabaya

Langkah akuisisi dilakukan sebagai upaya memantapkan ambisi perusahaan sebagai pemimpin di sektor teknologi dan jasa keuangan. Seperti halnya dominasi Sea di sektor e-commerce dan mobile gaming.

Bulan lalu, Sea berhasil meraup dana hampir 3 miliar dollar AS dalam penawaran saham, dan mengatakan akan menggunakan dana tersebut untuk melakukan ekspansi bisnis.

Bloomberg pun menjelaskan, perwakilan dari Sea dan Bank BKE enggan memberikan komentar. Kabar mengenai aksi korporasi yang dilakukan oleh Sea pertama kali diberitakan oleh DealStreetAsia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank BKE merupakan bank Indonesia yang pertama beroperasi pada tahun 1992 dengan tujuan utama mendukung kesejahteraan pegawai negeri.

Baca juga: Menurut Kementan Ini Penyebab Petani Enggan Menanam Kedelai

Saat ini, perusahaan-perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara tengah bersaing agar bisa mendapatkan keuntungan dari pasar perbankan digital yang tengah berkembang.

Sea sendiri telah mendapatkan izin untuk membuka bank digital di Singapura pada Desember lalu. Pengembangan bank digital tersebut dilakukan bersama dengan Grab Holdings Inc dan Singapore Telecommunications Ltd.

Sementara bulan lalu, Gojek telah membeli sekitar 160 juta dollar AS saham di PT Bank Jago untuk meningkatkan porsi saham mereka menjadi 22,16 peprsen. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar yang pernah diinvestasikan Gojek di perusahaan jasa keuangan.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X