Kedatangan Menlu China, Mulai Dari Hiking hingga MoU Bisnis

Kompas.com - 14/01/2021, 11:24 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan salam covid dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Parapat, Sumatera, Selasa (12/1/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan salam covid dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Parapat, Sumatera, Selasa (12/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi seperti berkunjung ke Indonesia selama 2 hari, mulai 12-13 Januari 2021.

Kunjungannya tersebut menurut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merupakan rangkaian safari Wang Yi usai dari Myanmar.

Menlu Wang Yi pada hari pertama kedatangan ke Indonesia, langsung menuju ke Tanah Toba, daerah kelahiran Luhut di Sumatera Utara. Di sana, Wang Yi disambut dan Luhut telah mempersiapkan sederet agenda menjamu tamu yang dianggapnya sahabat lama tersebut.

Baca juga: Indonesia Minta China Buka Akses Pasar Porang hingga Nanas

Selain rangkaian safari, ada alasan yang membuat Menlu China ini akhirnya mau berkunjung ke Indonesia meski masih dalam kondisi pandemi.

Luhut Kerap Bujuk Wang Yi

Luhut mengungkapkan, tiap kali dirinya melakukan tugas negara ke China, selalu membujuk agar Pemerintah China tertarik untuk berkunjung ke Indonesia, terutama ke Sumatera Utara. 

Di sana nanti, Luhut menjanjikan akan mendampingi Pemerintah China untuk melihat potensi wisata di Sumut. Apalagi kata Luhut, tanah kelahirannya itu masuk dalam 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

"Beberapa kali dalam lawatan saya ke Tiongkok, saya memang kerap menyampaikan undangan dan ajakan agar beliau berkunjung ke tanah kelahiran saya untuk melihat berkat Tuhan YME berupa Danau Kawah yang terbesar sekaligus tertua di dunia, dan hanya ada di Indonesia ini," ujarnya mengutip dari akun Facebook, Rabu (13/1/2021).

Adanya kehadiran Wang Yi bersama dengan delegasinya selama dua hari di Indonesia, Luhut pun menepati janji mengajak mereka menikmati keindahan panorama di Toba, sebelum menemui Presiden Joko Widodo di Jakarta.

"Karena saya mengetahui bahwa Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata di sini, hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba," sambung Luhut.

Kesepakatan Perjanjian Investasi

Pada 12 Januari 2021, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China menyaksikan penandatanganan dokumen kerja sama (MoU) terkait proyek kerja sama “Two Countries Twin Park” di Parapat, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X