Meleset dari Target, Realisasi Bauran EBT 2020 Hanya 11,5 Persen

Kompas.com - 14/01/2021, 14:22 WIB
Gedung Kementerian ESDM. KOMPAS.com/INDRA AKUNTONOGedung Kementerian ESDM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM melaporkan, realisasi porsi energi baru terbarukan (EBT) terhadap bauran energi nasional pada 2020 tidak mencapai target.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, sepanjang tahun lalu, porsi bauran EBT hanya bertambah 2,36 persen menjadi 11,51 persen dari 9,2 persen pada 2019.

"Angkanya besar atau kecil? Targetnya memang 13,4 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

Realisasi tersebut masih sangat jauh dari target pemanfaatan EBT pada 2025 yang tercantum dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), yakni sebesar 23 persen.

"Angkanya masih cukup panjang mencapai 23 persen," ujar Dadan.

Baca juga: Kinerja Pasar Saham Diproyeksi Makin Superior pada Akhir 2021

Untuk penambahan kapasitas listrik terpasang bersumber EBT, realisasinya sebesar 176 MW.

Dadan mengakui, penambahan tersebut masih sangat minim, diakibatkan tertundanya berbagai pembangunan pembangkit listrik berbasis EBT selama pandemi Covid-19.

"Jadi ada beberapa pembangkit seperti panas bumi, COD-nya diundur ke 2021," kata dia.

Imbas dari penundaan tersebut, realisasi investasi di sektor EBTKE pun berada cukup jauh dari target yang telah ditentukan.

Dadan mencatat, realisasi investasi di sektor EBTKE sebesar 1,76 miliar dollar AS atau setara 70 persen dengan target yang telah ditetapkan.

"Ini lebih banyak dikontribusikan dari sisi panas bumi dan sisi PLTA," ucapnya.

Baca juga: Penutupan Perdagangan Sesi I, Saham-saham Farmasi Rontok



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X