Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiber Optic Telkom Capai 166.344 Kilometer

Kompas.com - 14/01/2021, 21:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak usahanya IndiHome tengah fokus menggarap penyediaan jasa internet kabel atau fixed broadband, mengingat masih sangat tingginya potensi dari sektor tersebut.

Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R menjelaskan, sampai saat ini penetrasi fixed broadband nasional masih rendah. Berdasarkan data yang dia miliki, penetrasi fixed broadband nasional baru mencapai 15 persen.

"Kalau kita lihat South Korea, China, atau di negara-negara yang sudah maju, fixed broadband sudah lebih dari 50 persen bahkan sampai 108 persen," katanya dalam Kompas100 CEO Forum, Kamis (14/1/2021).

"Ini kita lihat sebagai opportunity," tambahnya.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Telkom melalui IndiHome telah menyiapkan kabel fiber optic sepanjang 166.343 kilo meter (km) untuk menyambung internet di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Usaha Ultra Mikro Bekerja 73,3 Jam per Pekan

"Atau setara 4 kali keliling bumi dan kami mengcover dari Sabang sampai Merauke" ujarnya.

Data terakhir menunujukan, layanan fixed broadband milik IndiHome telah dapat diakses di 496 kota dan kabupaten, atau setara dengan 96,4 persen wilayah di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Venusiana menyebutkan, guna memfasilitasi kebutuhan akses digital di tengah pandemi, layanan fixed broadband tidak hanya bergerak sendiri, namun juga dibantu oleh wireless broadband yang dilaksanakan oleh Telkomsel.

"Untuk daerah rural bisa dengan MangoeSky," ucapnya.

Melalui layanan-layanan tersebut, Venusiana memastikan, pihaknya siap memfasilitasi masyarakat Indonesia mengakses internet di tengah tingginya kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Soal Internet Lambat Akses Netflix, Ini Kata Telkom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com