Kompas.com - 14/01/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi kabel serat optik ShutterstockIlustrasi kabel serat optik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak usahanya IndiHome tengah fokus menggarap penyediaan jasa internet kabel atau fixed broadband, mengingat masih sangat tingginya potensi dari sektor tersebut.

Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R menjelaskan, sampai saat ini penetrasi fixed broadband nasional masih rendah. Berdasarkan data yang dia miliki, penetrasi fixed broadband nasional baru mencapai 15 persen.

"Kalau kita lihat South Korea, China, atau di negara-negara yang sudah maju, fixed broadband sudah lebih dari 50 persen bahkan sampai 108 persen," katanya dalam Kompas100 CEO Forum, Kamis (14/1/2021).

"Ini kita lihat sebagai opportunity," tambahnya.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Telkom melalui IndiHome telah menyiapkan kabel fiber optic sepanjang 166.343 kilo meter (km) untuk menyambung internet di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Usaha Ultra Mikro Bekerja 73,3 Jam per Pekan

"Atau setara 4 kali keliling bumi dan kami mengcover dari Sabang sampai Merauke" ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data terakhir menunujukan, layanan fixed broadband milik IndiHome telah dapat diakses di 496 kota dan kabupaten, atau setara dengan 96,4 persen wilayah di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Venusiana menyebutkan, guna memfasilitasi kebutuhan akses digital di tengah pandemi, layanan fixed broadband tidak hanya bergerak sendiri, namun juga dibantu oleh wireless broadband yang dilaksanakan oleh Telkomsel.

"Untuk daerah rural bisa dengan MangoeSky," ucapnya.

Melalui layanan-layanan tersebut, Venusiana memastikan, pihaknya siap memfasilitasi masyarakat Indonesia mengakses internet di tengah tingginya kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Soal Internet Lambat Akses Netflix, Ini Kata Telkom

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.