Vaksin Covid-19 Mulai Terdistribusi, Kadin Optimistis Usaha Perikanan Terus Menggeliat

Kompas.com - 15/01/2021, 10:04 WIB
Pekerja menjemur ikan di pusat pengolahan ikan, Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (22/10/2020). Harga sejumlah komoditas ikan asin beranjak naik karena pasokan menurun dan ditambah datangnya musim hujan yang memperlama waktu penjemuran ikan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja menjemur ikan di pusat pengolahan ikan, Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (22/10/2020). Harga sejumlah komoditas ikan asin beranjak naik karena pasokan menurun dan ditambah datangnya musim hujan yang memperlama waktu penjemuran ikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia optimistis, sektor usaha perikanan dan kelautan masih dapat menggeliat pada 2021 ini.

Optimisme ini muncul pasca didistribusikannya vaksin Covid-19 ke berbagai negara. Di Indonesia, vaksinasi nasional telah dimulai sejak Rabu (13/1/2021).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, vaksin Covid-19 yang mulai terdistribusi membawa angin segar bagi sektor usaha, termasuk kelautan dan perikanan.

Baca juga: KKP Kerahkan Kapal Pengawas Perikanan Bantu Pencarian Pesawat Sriwijaya Air

“Tentunya itu membawa harapan bagi kami, para pelaku usaha. Sekaranglah momen terbaik untuk memacu produk dari sektor perikanan, tidak hanya untuk optimalisasi pasar domestik tapi juga pasar internasional yang lebih luas,” kata Yugi dalam siaran pers, Jumat (15/1/2021).

Yugi menuturkan, tren penggunaan teknologi yang meningkat di masa pandemi semakin menguntungkan.

Pasalnya, teknologi mampu mendekatkan rantai suplai produk perikanan yang berefek pada peningkatan pendapatan dan permintaan produk ikan siap olah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, permintaan yang semakin banyak diikuti oleh sejumlah tantangan.

Hal yang menjadi perhatian adalah negara-negara tujuan ekspor produk perikanan Indonesia mengetatkan persyaratan keamanan pangan.

Baca juga: KKP Lepas Liarkan 28.200 Benih Lobster Selundupan

Untuk itu, Indonesia perlu fokus terhadap upaya-upaya peningkatan produksi.

Setidaknya, ada tiga yang menjadi fokus utama yaitu perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan hasil olahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X