Masih Jauh dari Target, Pemerintah Optimistis Bauran EBT 23 Persen Dapat Tercapai

Kompas.com - 15/01/2021, 12:32 WIB
Pembangkit Listrik Energi Baru Terbarukan Biomassa (PLTBm) milik PT PT Rezeki Perkasa Sejahtera Lestari sebesar 10 Megawatt (MW). dok PLNPembangkit Listrik Energi Baru Terbarukan Biomassa (PLTBm) milik PT PT Rezeki Perkasa Sejahtera Lestari sebesar 10 Megawatt (MW).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis target bauran energi baru terbarukan ( EBT) sebesar 23 persen pada 2025 dapat tercapai, meskipun realisasi pertumbuhannya belum signfikan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana melaporkan, realisasi porsi EBT terhadap bauran energi nasional pada 2020 sebesar 11,51 persen.

Angka tersebut di bawah dari target yang telah ditetapkan, yakni sebesar 13,4 persen.

Baca juga: Meleset dari Target, Realisasi Bauran EBT 2020 Hanya 11,5 Persen

Namun, Dadan menyambut baik pertumbuhan bauran EBT sebesar 2,36 persen dari tahun 2019 ke 2020.

“Angkanya masih cukup panjang mencapai 23 persen,” kata Dadan dalam konferensi pers virtual, dikutip Jumat (15/1/2021).

Dadan mengaku optimistis target yang tercantum dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) itu dapat tercapai, melihat pertumbuhan bauran pembangkit listrik EBT setiap tahunnya.

“Kita akan menambah 9.000-an mega watt (MW) untuk pembangkit listrik EBT. Ini angkanya masuk 23 persen untuk pembangkit listrik yang melalui PLN,” ujar dia.

Selain dari sektor pembangkit, pemerintah juga akan menggenjot bauran EBT dari sektor bahan bakar minyak (BBM), melalui pelaksanaan program biodiesel 30 persen (B30).

Baca juga: PLN Dapat Pendanaan 500 juta Dollar AS untuk Kembangkan EBT

Dalam dua sampai tiga tahun ke depan, kata Dadan, akan masuk produk bahan bakar hijau seperti green diesel atau green gasoline, bensin atau solar yang diproduksi langsung di kilang dengan bahan baku minyak sawit.

“Insya Allah angka 23 persen sudah terpetakan dengan baik capai 2025,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X