PLN Sebut Gempa di Sulawesi Barat Tak Berpengaruh ke Pasokan Listrik

Kompas.com - 16/01/2021, 02:32 WIB
bencana gempa di Sulbar KOMPAS.COM/HENDRA CIPTObencana gempa di Sulbar

JAKARTA, KOMPAS.com - Manager PT PLN Area Palu, Muhammad Wardi Hadi mengatakan kerusakan jaringan listrik di wilayah Sulawesi Barat menyusul gempa bumi yang mengguncang Majene dan Mamuju tidak mengganggu pasokan listrik yang terinterkoneksi dengan provinsi Sulawesi Tengah.

Wardi mengatakan tidak ada masalah soal jaringan listrik interkoneksi kedua provinsi itu, meskipun listrik di wilayah Mamuju padam karena banyak tiang roboh dan jaringan listrik terputus.

Ia menjelaskan jaringan listrik Sulteng telah terkoneksi dengan Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulbar, dan jika salah satu dari daerah di Pulau Sulawesi itu kekurangan daya listrik, maka Sulteng bisa menyuplainya, begitu sebaliknya.

Misalkan, kata dia, kalau Sulbar membutuhkan pasokan listrik karena adanya gempa bumi yang menyebabkan daerah itu kekurangan daya listrik, maka bisa langsung disuplai dari Sulteng.

Baca juga: Gempa Majene, Menara BTS Operator Seluler Kehilangan Pasokan Listrik PLN

"Begitu sebaliknya, karena jaringan listrik sudah terinterkoneksi untuk wilayah Sulsel dan Sulbar dengan Sulteng," ujar Wardi dilansir dari Antara, Sabtu (16/1/2021).

Menurut dia, Sulteng saat ini memiliki surplus daya listrik, sehingga daerah ini sangat memungkinkan untuk membantu jika Sulbar dan Sulsel kekurangan daya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, jika Sulteng kekurangan daya karena adanya gangguan pada sumber-sumber pembangkit listrik yang ada di daerah itu, maka Sulsel dan Sulbar bisa mensuplai sesuai kebutuhan.

Dia menegaskan kembali bahwa bencana gempa bumi yang melanda Provinsi Sulbar dan menyebabkan gangguan listrik karena banyaknya tiang dan jaringan yang rusak, sama sekali tidak berdampak pada ketersediaan daya listrik di Sulteng yang merupakan tetangga Sulsel dan Sulbar.

Baca juga: PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Akan Naik di Awal 2021

Ia.juga memgatakan PLN Palu telah mengirimkan bantuan personil, peralatan, perlengkapan dan logistik untuk mendukung proses pemulihan listrik di wilayah terdampak gempa bumi di Sulbar.

"Saat ini tim TRC PLN Area Palu sedang dalam perjalanan menuju lokasi bencana di Sulbar. Setibanya di sana, mereka langsung bergabung dengan tim lainnya yang ada di lokasi untuk melakukan pemulihan di seluruh titik jaringan listrik yang rusak," ujar dia.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.