Cerita Orang Terkaya Paling Muda di India, Pernah Jualan HP Kini Punya Harta Rp 21,7 Triliun

Kompas.com - 17/01/2021, 14:04 WIB
Nikhil Kamath, co-founder dan chief investment officer, Zerodha Tangkap Layar YouTube CNBC make itNikhil Kamath, co-founder dan chief investment officer, Zerodha

NEW YORK, KOMPAS.com - Nikhil Kamath merupakan salah satu miliarder termuda di India. Di usianya yang ke 34 tahun, pengusaha yang terlahir di Bangalore tersebut masuk dalam daftar orang terkaya di India versi Forbes pada akhir tahun lalu bersama saudaranya, Nithin Kamath.

Forbes mencatatkan, Nikhil dan Nithin Kamath bersaudara memiliki nilai kekayaan bersih mencapai 1,55 miliar dollar AS atau Rp 21,7 triliun (kurs Rp 14.000).

Kamath bersaudara merupakan pendiri dari platform jual beli saham India, Zerodha yang mendulang sukses di tengah pandemi.

Zerodha merupakan salah satu platform trading saham terbesar di India. Setidaknya sebanyak 15 persen penjualan saham secara ritel dilakukan melalui platform tersebut. Hal tersebut didorong oleh lonjakan minat investor ritel yang membanjiri pasar saham di tengah pandemi.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Kekayaan Jeff Bezos Naik Jadi Rp 2.588 Triliun

Seperti dilansir dari CNBC, Minggu (17/1/2021) Kamath mengatakan, salah satu hal penting untuk mencapai sukses adalah ketepatan waktu. Menurut dia, setiap pengusaha sangat penting untuk bisa mengenali ketepatan waktu tersebut.

"Anda harus menyadari fakta bahwa akan selalu ada puluhan ribu orang yang lebih pintar dari Anda, yang lebih pekerja keras daripada Anda, dan yang lebih mahir dalam memecahkan masalah yang Anda coba selesaikan, ” ujar Kamath.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk Anda adalah waktu; berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat," tambah dia.

Berikut beberapa rahasia sukses Kamath seperti dilansir dari CNBC:

1. Mengamati tren industri

Kamath yang mulanya mengawali karir sebagai pecatur profesional, sempat mengulik beragam ide bisnis, mulai dari bisnis laundry hingga menjual handphone bekas.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.