Hati-hati, Ada Hoaks Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12!

Kompas.com - 17/01/2021, 16:06 WIB
Tangkapan layar postingan hoaks tentang Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka FacebookTangkapan layar postingan hoaks tentang Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memberi peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati agar tidak termakan hoaks pendaftaran gelombang 12 Kartu Prakerja.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan, pesan singkat yang beredar dalam sepekan belakangan terkait pendafaran gelombang terbaru Kartu Prakerja tersebut bermaksud mengelabui masyarakat utuk mencuri data pribadi.

"Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujar Louisa dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Menaker: 2,1 juta Korban PHK Harusnya Dapat Karpet Merah, Hanya 95.559 yang Lolos Kartu Prakerja!

Pada pesan beredar tersebut, pelaku menggunakan situs http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12 untuk mengumpulkan data masyarakat.

Padahal, situs resmi yang digunakan untuk mendaftar program Kartu Prakerja yakni www.prakerja.go.id.

"Perhatikan akhiran go.id," sebut Louisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihaknya pun mengatakan, hingga saat ini belum ada keterangan terkait pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja.

Pembukaan akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, yakni di Instagram dam Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id.

Baca juga: Peserta yang Sudah Terima Insentif Kartu Prakerja Tahun Ini, Tak Bisa Ikut di Tahun Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.