Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 12:02 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, UMKM Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand dalam ekspor dan rantai pasok global atau global value chain.

Saat ini, kata pria yang akrab disapa Tiko itu, keterlibatan UMKM Indonesia dalam ekspor hanya 14,7 persen dan global value chain hanya 6,3 persen.

Global value chain kita harus tingkatkan sebagai contoh di Malaysia keterlibatan UMKM dalam global value chain 46,2 persen,” ujar Tiko dalam webinar, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Soal Tagihan Listrik Rp 68 Juta, PLN Ungkap Meteran Dipasangi Kawat Jumper

Tiko menjelaskan, berdasarkan hasil riset, ada tiga tantangan yang saat ini masih dihadapi UMKM Indonesia. Pertama, misalnya terkait kapabilitas UMKM dalam negeri.

“Pertama adalah capability dalam mengelola usaha masih harus ditingkatkan. Jadi managerial skill bagaimana mereka mengelola keuangannya dan sebagainya ini memang harus diitingkatkan dengan pembinaan dan bimbingan,” kata dia.

Kedua, terkait akses pembiayaan. Kendati begitu, lanjut Tiko, akses pembiayaan terhadap UMKM di Indonesia lima tahun terakhir sudah mulai ada peningkatan.

Ketiga, akses terhadap pasar domestik maupun internasional. Bagi Tiko, hal ini perlu ditingkatkan agar UMKM Indonesia bisa semakin berkembang.

“Sebagaimana kita tau bahwa kemapuan UMKM untuk bisa menembus pasar baru di global ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu perlu ada katalis dan perusahana besar yang membawa UMKM ini untuk bisa menembus pasar di luar negeri,” ungkapnya.

Baca juga: Digugat Pengusaha Asal Surabaya, Antam Mengaku Tak Pernah Jual Emas dengan Harga Diskon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com