Selain Batu Bara, Ini Deretan Tambang Besar Lainnya di Kalsel

Kompas.com - 20/01/2021, 13:05 WIB
Dua bongkah emas yang ditemukan Brent Shannon dan Ethan West di dekat kota tambang emas Tarnagulla di negara bagian Victoria. Aussie Gold Hunter/Discovery Channel via BBCDua bongkah emas yang ditemukan Brent Shannon dan Ethan West di dekat kota tambang emas Tarnagulla di negara bagian Victoria.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalimantan Selatan atau Kalsel dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia dengan produksi batu bara paling besar. Saat booming batu bara, produksi batu bara Kalsel sempat mencapai 162 juta ton.

Dikutip dari data Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu (20/1/2021), Kalsel sebenarnya memiliki banyak kekayaan tambang lain di luar batu bara.

Emas contohnya. Pemprov Kalsel menyebut, terdapat kandungan emas yang sangat melimpah di wilayahnya yang tersebar di Kabupaten Tanah Bumbu sebesar 11.250 ton, Kotabaru sebesar 25.289 ton dan Hulu Sungai Tengah sebesar 67.500 ton.

Bijih besi yang bisa ditambang di Kalsel juga terbilang besar. Potensi tambang bijih besi di Kalimantan Selatan terdapat di Kabupaten Tanah Laut sebesar 185.667 ton.

Baca juga: Kalsel, Provinsi dengan Kekayaan Batu Bara yang Melimpah Ruah

Lalu Tanah Bumbu sebesar 593.800.000 ton, Kotabaru sebesar 510.633.000 ton, Tapin sebesar 625.000 ton, dan Balangan sebesar 5.062.900 ton. Di Kalsel, saat ini sudah berdiri sejumlah pabrik smelter (pengolahan bijih besi menjadi besi spons).

Salah satunya proyek smelter berkapasitas 315.000 ton per tahun tahun yang digarap oleh dua BUMN, PT Aneka Tambang Tbk bersama PT Krakatau Steel Tbk dengan membentuk perusahaan patungan yang diberi nama PT Meratus Jaya Iron & Steel di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, terdapat 2 perusahaan lagi yang menggarap proyek smelter, yaitu PT Sebuku Iron Lateritic Ore (kapasitas 1 juta ton per tahun) di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru.

Lalu ada PT Delta Prima Steel (kapasitas 100.000 ton per tahun) yang berlokasi di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga: Daftar 5 Perusahaan Besar Tambang Batu Bara di Kalsel

Dinas Pertambangan Kalsel juga mencatat hasil minyak bumi yang cukup besar, meski produksi jauh lebih kecil dari tetangganya, Kalimantan Timur.

Minyak bumi di Kalsel ini dieksplorasi dan dieksploitasi oleh PT Pertamina Unit Bisnis, Eksplorasi dan Produksi (UBEP) Tanjung dengan wilayah pengerjaan seperti Tanjung Raya, Murung Pudak, dan Warukin Tengah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X