Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Menguat, Aset Kripto Ethereum Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 20/01/2021, 13:11 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga aset kripto atau cryptocurrency Ethereum masih melanjutkan tren penguatan sejak tahun lalu.

Pada sesi perdagangan Rabu (20/1/2021), harga Ethereum menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah yaitu Rp 20 juta per keping.

Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Ethereum telah menguat lebih dari 1.000 persen. Saat itu cryptocurrency ini dijual di angka Rp 1,8 juta per keping.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, kenaikan harga Ethereum yang sangat signifikan terjadi karena aset kripto tersebut sedang ditingkatkan untuk menjadi Ethereum 2.0.

Baca juga: Terbitkan Aturan Baru, Ini Daftar 229 Jenis Kripto yang Diakui Kemendag

Ethereum diproyeksi banyak pihak sejak awal peluncurannya akan menggantikan Bitcoin dan dikenal sebagai Bitcoin 2.0 karena adanya fitur kontrak pintar yang tidak dimiliki blockchain Bitcoin dan fitur ini terus di-upgrade.

“Harga Ethereum meningkat drastis sepuluh kali lipat bersamaan dengan upgrade jaringan blockchain ethereum,” kata Oscar dalam keterangan tertulis.

Saat ini, untuk mendapatkan Ethereum yaitu dengan cara ditambang (mining), seperti Bitcoin.

Nantinya, setelah upgrade menjadi Ethereum 2.0, Ethereum didapat tidak lagi dengan cara ditambang tetapi melalui staking atau penjaminan.  

Dalam staking hanya membutuhkan laptop biasa dan jaringan internet, sehingga untuk mendapatkan Ethereum, tidak perlu lagi dengan unit komputer yang mahal dan mengeluarkan banyak biaya listrik. 

Hal ini membuat Ethereum kedepannya dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan Bitcoin. 

“Kekurangan Ethereum dibandingkan Bitcoin adalah supply atau pasokannya yang tidak terbatas. Bitcoin hanya memiliki pasokan 21 juta saja. Sedangkan Ethereum tidak terbatas,” tutur Oscar.

“Namun, dengan evolusi ini ada sejumlah limit yang dikunci karena digunakan untuk penciptaan Ethereum. Jika pasokan Ethereum berkurang dan permintaannya terus bertambah, maka harga Ethereum meningkat,” tambahnya. 

Baca juga: Setahun, Aset Kripto Stellar Menguat 600 Persen

Besar kemungkinan sebut Oscar, harga Ethereum bisa terus melambung karena proses upgrade ini masih terus dilakukan.

Meskipun harga Ethereum sudah tinggi, masyarakat Indonesia tetap bisa berinvestasi dan melakukan trading aset kripto tersebut dengan modal mulai dari Rp 10.000 saja karena Ethereum bisa ditransaksikan dalam desimal.

Di Indonesia, untuk transaksi jual beli aset kripto seperti Ethereum secara resmi dan mudah saat ini bisa menggunakan dua startup populer di Indonesia yaitu melalui Bitcoin.co.id atau dikenal dengan Bitcoin Indonesia atau melalui platform trading Indodax.

“Siapa saja bisa berinvestasi aset kripto dengan mudah dan murah,” ucapnya.

Baca juga: Dalam Tiga Hari Harga Bitcoin Sudah Anjlok 20 Persen, Berisiko Bubble?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com