Optimisme Pemulihan Ekonomi Dorong Rupiah Ditutup Menguat Sore Ini

Kompas.com - 20/01/2021, 16:59 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot ditutup menguat, Rabu (20/1/2021) sore.

Melansir Bloomberg, rupiah menguat 30 poin (0,21 persen) pada level Rp 14.035 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.065 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, dimulainya distribusi dan vaksinasi Covid-19 menumbuhkan optimisme pemulihan ekonomi Indonesia.

Baca juga: IHSG Masih Merah, Rupiah Bertahan di Zona Hijau

Hal ini mendorong aliran modal asing parkir di dalam negeri.

“Optimisme Pemerintah dalam penanganan Covid-19 perlu di apresiasi oleh kita semua dan masyarakat wajib membantu dan mensukseskan program pemerintah tersebut, sehingga modal asing kembali masuk ke pasar finansial dalam negeri,” jelas Ibrahim dalam siaran pers.

Ibrahim mengatakan, jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat, membuat Pemerintah berencana memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Pulau Bali guna menekan laju penularan virus corona Covid-19.

“Tujuan dari pemerintah adalah agar Covid-19 bisa tertekan dan masyarakat secara berangsur-angsur mendapatkan vaksinasi sehingga penularan Covid-19 bisa di kendalikan,” jelas dia.

Selain perpanjangan pengetatan PPKM, pemerintah juga terus melakukan stimulus berupa BLT sebesar Rp 300.000 yang sudah disalurkan.

Baca juga: Erick Thohir: Pertama Kalinya Saham-saham BUMN Lebih Tinggi dari LQ45

Tujuannya untuk membantu masyarakat kembali beraktivitas dan masyarakat kembali percaya diri walaupun saat ini Indonesia dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dari eksternal, investor mencerna komentar dari calon Menteri Keuangan Janet Yellen yang menyerukan untuk lebih banyak mengeluarkan bantuan untuk pandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X