Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merespon Pelantikan Presiden AS, Rupiah Pagi Ini Menguat

Kompas.com - 21/01/2021, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat pada Kamis (21/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.15 WIB rupiah berada pada level Rp 14.018 per dollar AS atau menguat tipis 18 poin (0,12 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.036 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah terdorong oleh optimisme pasar akan pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat, usai rencana kenaikan stimulus fiskal AS.

Baca juga: Naik Rp 9.000, Ini Daftar Harga Emas Antam 21 Januari 2021

Rupiah hari ini mungkin masih berpeluang menguat terhadap dollar AS, karena optimisme pasar terhadap potensi pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat dan rencana stimulus fiskal besar AS di bawah kepemimpinan Joe Biden,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Menurut Ariston, optimisme tersebut mendorong pelaku pasar kembali masuk ke aset berisiko dan mendorong pelemahan dollar AS.

Di sisi lain, pasar masih mewaspadai kenaikan kasus Covid-19 di tanah air yang bisa memicu pembatasan aktivitas ekonomi yang lebih panjang. Hal ini tentunya bisa memicu pelemahan nilai tukar rupiah lagi.

Baca juga: Kini Urus Perizinan Andalalin Bisa Secara Daring

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.950 per dollar AS samapi dengan Rp 14.100 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com