Tahun Ini, BNI Bakal Tebar KPR untuk Milenial

Kompas.com - 21/01/2021, 13:34 WIB
Ilustrasi KPR. iStockIlustrasi KPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bakal menebar Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) untuk milenial pada tahun 2021.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, pemberian KPR untuk milenial karena terbukti segmen itu mendominasi daftar pemohon KPR, dengan persentase sebanyak 60 persen pada 2020.

Begitu pun banyak pengembang yang membuat proyek perumahan khusus milenial, dengan desain khusus, harga terjangkau, dan skema pembayaran fleksibel.

Baca juga: Erick Thohir Minta Direksi BUMN Belajar Nilai Kepedulian dari Milenial

"Baik landed house maupun hunian vertical, keduanya cocok dengan segmen milenial, tergantung kemampuan dan kebutuhannya," kata Corina dalam siaran pers, Kamis (21/1/2021).

Corina menuturkan, BNI telah menyiapkan data internal, informasi pengembang, hingga demografi penduduk berdasarkan usia sebagai basis untuk menyasar potensi KPR di segmen milenial ini.

"Segmen milenial lebih memilih ke primary market karena pertimbangan desain, harga terjangkau, lokasi dan kepraktisan," ungkapnya.

Pada 2020, BNI Griya mencatat pertumbuhan positif dengan nilai penyaluran hampir Rp 9 triliun.

Komposisi terbesar berada di segmen debitur berpenghasilan tetap untuk pembelian di primary market.

Baca juga: Mau Dapat Subsidi Bunga KPR dan UMKM dari BTN? Ini Syaratnya

Pada tahun 2021, bank pelat merah ini akan tetap fokus pada segmen yang sama untuk pembelian rumah komersial dan subsidi di primary market.

Corina mengatakan, BNI bakal menawarkan suku bunga mulai 4,74 persen per tahun, fixed 1 tahun pertama, dengan opsi bayar bunga saja hingga 2 tahun, dan jangka waktu cicil 30 tahun.

Selain itu pengajuan bisa diajukan secara online dengan eForm BNI Griya yang dapat diakses melalui website BNI, BNI Mobile Banking atau ketik link e-form BNI Griya.

"Pemberian kredit ini tentunya mempertimbangkan segmen yang relatif aman dan tidak terdampak pandemi, sehingga kualitas kredit tetap terjaga dengan baik," pungkasnya.

Baca juga: Salurkan KPR Bersubsidi, Ini Target BNI Syariah

Sebagai informasi, produk kredit KPR BNI pada tahun 2020, tumbuh diatas 4 persen secara tahunan (year on year/YOY), sementara KPR Subsidi meningkat hingga diatas 50 persen.

Sampai akhir tahun 2020, perseroan telah menyalurkan rumah kepada masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 47.000 orang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X