Tokopedia Ungkap Tren Hobi dari Jenis Barang yang Banyak Dibeli Selama Pandemi

Kompas.com - 21/01/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi berkebun di rumah, tanaman. Shutterstock/Christine BirdIlustrasi berkebun di rumah, tanaman.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang lebih banyak selama di rumah.

Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas.

Tokopedia pun mencatatkan, berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepak bola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020.

Baca juga: Jumlah UMKM yang Jualan di Tokopedia Melonjak Lebih dari 2,5 Juta Selama 2020

"Hal itu terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan 2019," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengutip siaran persnya, Kamis (22/1/2021).

Selain berolahraga, lanjut Ekhel, kegiatan membaca pun semakin diminati selama pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020 dengan transaksi pada subkategori Buku meningkat hampir dua kali lipat.

Menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi.

Baca juga: Pengamat: Merger Gojek-Tokopedia adalah Win Win Solution...

Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari empat kali lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019.

Tak hanya itu, melukis ternyata menjadi tren baru di kala pandemi.

Paint by numbers, contohnya, terus diminati masyarakat karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar sangat memudahkan bagi para pemula untuk menghasilkan lukisan yang indah.

Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir dua kali lipat selama 2020.

"Selain itu, hobi memasak juga terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Kami melihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari dua kali lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ucap Ekhel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.