Melemah 0,18 Persen, Rupiah Bertengger di Level Rp 14.025

Kompas.com - 22/01/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/MelimeyIlustrasi rupiah


JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini melemah pada Jumat (22/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.11 WIB rupiah berada pada level Rp 14.025 per dollar AS atau melemah 25 poin (0,18 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.000 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah terdorong oleh penguatan dollar AS terhadap nilai tukar mata uang lainnya.

Baca juga: IHSG Ditutup Melemah, Rupiah Justru Menguat

Hal ini terjadi akibat tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun yang menguat kembali sejak kemarin.

Kenaikan tingkat imbal hasil obligasi jangka yang lebih panjang ini merefleksikan optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi dan kenaikan tingkat inflasi AS.

“Kenaikan yield ini mendorong kembali penguatan dollar AS terhadap nilai tukar lainnya, rupiah berpotensi melemah terhadap dollar AS karena hal tersebut hari ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, pelemahan rupiah hari ini mungkin terbatas karena ekspektasi stimulus besar AS yang meningkatkan minat pasar terhadap aset berisiko.

Baca juga: Jumat Pagi, IHSG Melemah di Zona Merah

Dari tanah air, kemarin Bank Indonesia (BI) juga menyatakan optimismenya terhadap aliran dana asing ke Indonesia yang akan meningkat seiring dengan prospek pemulihan ekonomi.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.980 per dollar AS sampai dengan Rp 14.050 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X