BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Shopee Pay

Catat Kinerja Positif, ShopeePay Beberkan Fakta Unik Seputar Transaksi Online dan Offline Sepanjang 2020

Kompas.com - 22/01/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi pembayaran digital. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi pembayaran digital.
|

KOMPAS.com – Pasang surut kejadian pada 2020 secara tidak langsung membuat masyarakat mengadopsi ragam kebiasaan baru. Mulai dari bekerja dari rumah, belajar dari rumah, komunikasi jarak jauh secara virtual, hingga berbelanja online.

Kehadiran teknologi digital memungkinkan kebiasaan baru tersebut dapat diadopsi masyarakat. Dalam hal berbelanja, misalnya. Dahulu, fenomena belanja online masih jauh dari angan-angan.

Namun kini, aktivitas itu dapat dilakukan hanya dengan beberapa sentuhan di layar smartphone. Kemudian, barang yang diinginkan pun selesai dibeli. Untuk hal pembayaran pun demikian. Masyarakat kini dimanjakan dengan banyak fasilitas pembayaran online yang semakin memudahkan transaksi belanja, salah satunya ShopeePay.

Sepanjang 2020, ShopeePay juga telah mendukung para pelaku bisnis untuk terus bertahan agar konsumen tetap bisa belanja dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Tetap Produktif, Intip Resolusi Tahun Baru Versi ShopeePay Ini

Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, sebagai salah satu penyedia layanan pembayaran digital terunggul di Indonesia, ShopeePay menghadirkan pengalaman berbelanja yang aman dan bermanfaat kepada pelanggan di Indonesia, baik online maupun offline.

Menurutnya, situasi yang penuh dengan ketidakpastian turut membawa tantangan sehingga mendorong setiap orang untuk beradaptasi.

“Melihat bagaimana masyarakat Indonesia menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap aktivitas belanja serta pembayaran digital, ShopeePay juga tidak berhenti mengundang para pelaku bisnis untuk merevitalisasi ekonomi lokal,” ujar Cindy pada rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Salah satu cara yang dilakukan ShopeePay, lanjutnya, adalah melalui kampanye-kampanye yang memberikan dampak positif dan bermakna. Contohnya, kampanye Semua Rp 1 dan kampanye khusus pada tanggal-tanggal tertentu, seperti 12.12, 11.11, serta 9.9.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Live.On untuk Permudah Transaksi

“Ada pula fitur Deals Sekitarmu yang diadakan pada tahun sebelumnya,” jelas Cindy.

Pemanfaatan ShopeePay oleh masyarakat Indonesia untuk pembayaran offline dan online cukup tinggi dengan berbagai use cases pada 2020.DOK. SHOPEEPAY Pemanfaatan ShopeePay oleh masyarakat Indonesia untuk pembayaran offline dan online cukup tinggi dengan berbagai use cases pada 2020.

Kilas balik

Perlu diketahui, pemanfaatan ShopeePay oleh masyarakat Indonesia untuk pembayaran offline cukup tinggi dengan berbagai use cases pada 2020.

Pertama, total transaksi pada kategori makanan dan minuman (F&B) yang dilakukan dengan ShopeePay setara dengan dua porsi makanan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Kedua, adanya peningkatan transaksi produk kesehatan dan kebugaran dengan ShopeePay. Transaksi tersebut pun setara dengan persediaan 460.000 kotak masker medis selama 2020.

Ketiga, jika dikonversikan, total ada lebih dari 6,5 juta troli belanja yang dibutuhkan untuk membawa semua kebutuhan pokok yang terjual pada 2020 dengan ShopeePay.

Baca juga: Antimati Gaya Saat Tahun Baru di Rumah, ShopeePay Punya Super Online Deals

Tak hanya transaksi offline, transaksi online yang dilakukan dengan ShopeePay pun tumbuh secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menjadi lebih akrab dengan pembayaran online dan menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

Pihak ShopeePay juga mencatat beberapa fakta unik terkait transaksi online sepanjang 2020.

Pertama, paket internet dan tagihan telepon yang dibayarkan dengan ShopeePay pada tahun lalu setara dengan 12.500 tahun panggilan telepon.

Kedua, total tagihan listrik yang dibayarkan dengan ShopeePay pada 2020 dapat menerangi jalanan Jakarta selama 30 tahun.

Ketiga, seorang teller bank membutuhkan lebih dari 1.500 tahun untuk menghitung semua transaksi online yang dilakukan dengan ShopeePay.

Baca juga: Ludes di 12 Menit Pertama, ShopeePay Semua Rp 1 Cetak Rekor Jual Lebih dari 100.000 Voucher

Cindy mengatakan, ShopeePay ingin melangkah lebih jauh dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia melalui kampanye dan inovasi yang menarik pada tahun yang baru.

“Kami juga akan menambah use case baru dan cerita sukses dari pelaku bisnis kecil hingga besar sekaligus memberdayakan setiap industri dari hilir ke hulu. Dengan semangat dalam menyambut tahun 2021, kami siap hadirkan senyuman di wajah masyarakat Indonesia,” jelas Cindy.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay untuk ikut serta dalam menyukseskan transformasi digital di Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya