Kompas.com - 22/01/2021, 14:42 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dewan Direksi Bank Dunia menyepakati pinjaman sebesar 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,05 triliun (kurs Rp 14.100) untuk Indonesia.

Dilansir dari keterangan resmi Bank Dunia, pinjaman tersebut ditujukan untuk membantu memperkuat pemerintah dalam mendanai dampak bencana alam, risiki perubahan iklim, serta dampak dari krisis kesehatan yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

"Guncangan dan bencana terus menjadi ancaman bagi kemajuan pembangunan Indonesia," ujar Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen dalam keterangan resminya, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Ada Potensi Lonjakan Harga, KPPU Minta Pemerintah Antisipasi Stok Bawang Putih

Sejak tahun 2014 hingga tahun 2018 pemerintah pusat telah menganggarkan sebesar 90 juta dollar AS dan 500 juta dollar ASA setiap tahun untuk mengatasi dampak bencana dan pemulihan.

Sementara itu untuk pemerintah daerah, diperkirakan telah menggelontorkan anggaran tambahan sebesar 250 juta dollar AS pada periode yang sama.

Pihaknya memperkirakan, bencana alam bakal terus terjadi seiirng dengan perubahan iklim serta kian masifnya urbanisasi. Hal itu akan kian menjadi beban terhadap anggaran negara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Desember 2020, Uang Beredar Naik Jadi Rp 6.900 Triliun

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dukungan dari Bank Dunia tersebut bakal membanntu pemerintah dalam memberikan bantuan serta mengurangi dampak bencana dan membantu mendorong kemajuan pembangunan RI.

"Kesiapan keuangan untuk menghadapi bencana, perubahan iklim, dan kerisis kesehatan seperti COvid-19 sangat diperlukan untuk Indonesia. Dukungan ini akan membantu pemerintah memberikan tanggapan yang lebih tepat sasaran dan tepat waktu, mengurangi dampak bencana dan membantu melindungi kemajuan pembangunan Indonesia," ujar Sri Mulyani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X