Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inkopdit Hadirkan Asuransi Mikro untuk Anggota Koperasi

Kompas.com - 22/01/2021, 17:04 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Induk Koperasi Kredit (Inkopdit), menyediakan asuransi terjangkau untuk anggotanya yang berpenghasilan menengah ke bawah dengan menggandeng AXA Financial Indonesia dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Djoko Susilo, Ketua Inkopdit mengatakan, perlindungan finansial akan memberi dampak yang signifikan bagi para anggota koperasi dan keluarga anggota koperasi, termasuk untuk mencegah kemiskinan.

“Dengan adanya kemitraan ini bisa membantu anggota koperasi kami bertransformasi untuk memformalkan asuransi internal mereka, sehingga dapat memberikan perlindungan yang aman dan berkelanjutan,” jelas Djoko dalam virtual konferensi, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Asuransi dan Dana Darurat Jadi Kunci Hadapi Ketidakpastian

Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS) ini berlangsung selama tiga tahun untuk menyediakan asuransi yang formal dan berharga bagi anggota koperasi Inkopdit di Indonesia.

Program ini diharapkan mampu mengembangkan ekonomi dan sistem keuangan di Indonesia melalui sistem koperasi yang lebih baik dan berkelanjutan.

Saat ini koperasi telah menjadi sarana utama untuk inklusi keuangan dan pengembangan masyarakat di Indonesia. Koperasi juga telah memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan desa, serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Namun, banyak orang melihat produk dan layanan yang disediakan oleh perusahan asuransi formal kurang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan para anggotanya, terutama bagi yang berpenghasilan rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com