Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenaker Dirikan Posko Dapur Umum untuk Korban Gempa Sulbar

Kompas.com - 22/01/2021, 21:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan melalui BLK Makassar membuka posko dapur umum untuk membantu para pengungsi korban bencana gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat.

Kepala BLK Makassar Fitroh Hanrahmawan mengatakan, dalam pembukaan posko dapur umum ini, pihaknya melibatkan masyarakat untuk ikut serta menyiapkan makananan bagi para pengungsi. Dalam sehari, pihaknya memproduksi 400 pak makanan.

"Semua makanan itu kami bagikan ke tenda-tenda pengungsi. Pembagiannya sendiri dikoordinir oleh lurah dan diawasi personil dari Polda Sulbar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut kata dia, posko dapur umum akan beroperasi selama dua minggu ke depan. Pembukaan posko masih bisa berlanjut dengan melihat kondisi pengungsi. Hal ini tujuannya agar memaksimalkan kebutuhan-kebutuhan dasar para peyintas gempa.

Baca juga: Komisi ASN Diminta Tak Ada Lobi-Lobi saat Jalankan Tugas

"Semoga posko ini dapat membantu masyarakat dan juga semoga bencana bisa segera dapat teratasi serta kondisi masyarakat bisa pulih kembali," ucapnya.

Selain membuka posko dapur umum, BLK Makasar, BLK Pangkajene dan Kepulauan, serta BLK Bantaeng turut menyalurkan bantuan logistik seperti beras, mi instan, air minum, biskuit, popok bayi, susu bayi dan kebutuhan pengungsi lainnya.

Seperti diketahui, pada Jumat (15/1/2021) dini hari, gempa bumi tektonik bermagnitudo sebesar 6,2 mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat. Sementara jumlah korban jiwa, Komandan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Sulbar Brigadir Jenderal TNI Firman Dahlan menyebutkan, korban meninggal gempa di Sulbar ada 90 orang.

Dengan rincian di Kabupaten Mamuju 79 orang, dan Kabupaten Majene 11 orang. Update terakhir korban ini disampaikan, pada Selasa (19/1/2021), pukul 16.00 WITA.

Baca juga: Pengumuman, Kini Pemakaian Listrik Gratis Ada Batasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com