Kompas.com - 25/01/2021, 10:14 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan kembali menerbitkan Obligasi Negara Ritel seri ORI019 dengan kupon bersifat fixed rate 5,57 persen.

Berbeda dari produk SBN ritel sebelumnya, ORI019 dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya melibatkan investor domestik. Masa penawarannya berlangsung hingga 18 Februari 2021.

Bagi Anda yang berminat membeli, ORI019 dapat dibeli dengan nominal minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Anda bisa membelinya di 26 mitra distribusi pemerintah.

"Ini sangat menarik dibanding alternatif instrumen yang lain. Bisa (dibeli) dimulai hanya dari Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Rp 1 juta nampaknya sama seperti membeli sepatu kets," kata Direktur Surat Utang Negara DJPPR Deni Ridwan dalam peluncuran ORI109, Senin (25/1/2021).

Baca juga: ORI019 Resmi Ditawarkan Hari Ini, Minat?

Adapun 26 mitra pemerintah yang ditunjuk, antara lain Bank Mandiri, Bank BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Maybank, Bank Panin, Bank OCBC NISP, Bank HSBC, Bank DBS Indonesia, Bank UOB, Bank Commonwealth, Bank Danamon, dan Bank Victoria.

Selain di perbankan, masyarakat bisa membeli di perusahaan sekuritas dan fintech, antara lain PT Trimegah Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, Bareksa, Tanamduit, Invisee, Investree, Koinworks, dan Modalku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Investor nantinya akan menerima pembayaran kupon setiap tanggal 15. Pembayaran kupon perdana akan terlaksanakan pada 15 April.

ORI019 bertenor 3 tahun dengan jatuh tempo tanggal 15 Februari 2024. Sementara itu, penetapan hasil penjualan berlangsung pada 22 Februari 2021 dan setelmen pada 24 Februari 2021.

"Pelunasan (ORI019) sudah dijamin Undang-undang. Menguntungkan karena imbal hasilnya masih menarik. Nyaman dan mudah karena investasinya bisa di manapun melalui gawai, dan terjangkau mulai dari Rp 1 juta," pungkas Deni.

Baca juga: Proyek Tol yang Digugat Tommy Soeharto Ternyata Milik Perusahaan Tutut



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.