Para Sales, Inilah Perbedaan Komisi dan Bonus

Kompas.com - 26/01/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/MelimeyIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang menjadi sales junior atau berminat untuk menjadi seorang sales, mungkin masih bingung untuk membedakan antara komisi dan bonus.

Sebenarnya apa perbedaan antara komisi dan bonus?

Uang komisi adalah hal yang dibayarkan pihak perusahaan untuk seseorang apabila melakukan penjualan yang melebihi standar.

Sementara, bonus adalah insentif, atau uang yang diperoleh oleh semua orang berdasarkan hasil yang dicapai perusahaan.

Misalnya, bonus akhir tahun atau bonus ketika perusahaan mencapai satu target tertentu, yang kemudian sekian persennya dibagi kepada semua karyawan di dalam perusahaan.

Baca juga: Ini Hitung-hitungan Gaji dan Bonus untuk Direksi-Komisaris BUMN

Jadi, indikator yang membedakan antara komisi dengan bonus adalah kalau bonus diberikan dari perusahaan untuk karyawan, sementara komisi yaitu ‘hadiah’ kepada karyawan karena telah mencapai satu hal yang menguntungkan perusahaan.

Contoh komisi adalah ketika Anda sebagai sales mendapatkan konsumen dengan jumlah lebih banyak dari target yang ditentukan.

Misalnya, dalam satu bulan, Anda diberikan target untuk mendapatkan konsumen baru sebanyak 5 orang. Tetapi, karena kinerja yang bagus, akhirnya Anda mendapatkan konsumen sebanyak 7 orang, yang artinya melebihi target yang ditetapkan.

Sebagai bentuk apresiasi, perusahaan biasanya akan memberikan apresiasi berbentuk uang komisi dengan jumlah tertentu untuk Anda.

Robby Christy, CFP®, salah satu perencana keuangan dari Finansialku memberikan tips agar bisa mendapatkan komisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X