Senat Dukung Penuh, Janet Yellen Jadi Menkeu Perempuan Pertama di AS

Kompas.com - 26/01/2021, 09:06 WIB
Janet Yellen. BRENDAN SMIALOWSKI / AFPJanet Yellen.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Para pembuat kebijakan menyepakati Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan atau Treasury Secretary pada Senin (25/1/2021) waktu setempat. Persetujuan Senat AS tersebut membuat Yellen menjadi Menteri Keuangan perempuan pertama di sepanjang sejarah AS.

Sebagai pemimpin otoritas fiskal, Yellen bakal bertugas untuk merealisasikan anggaran stimulus pemulihan ekonomi AS yang diajukan oleh Presiden Joe Biden sebesar 1,9 triliun dollar AS atau sekitar Rp 26.600 triliun (kurs Rp 14.000).

Yellen harus bisa mendapatkan kesepakatan Kongres agar anggaran tersebut bisa terwujud. Stimulus yang diajukan oleh Biden tersebut termasuk di dalamnya bantuan sosial sebesar 1.400 dollar AS, perluasan bantuan jaminan pengangguran, serta meningkatkan anggaran untuk vaksinasi dan perluasan tes Covid-19.

Seperti dilansir CNN, selama sidang dengan Komite Keuangan Senat pekan lalu, Yellen mengatakan, nilai serta cakupan anggaran yang besar merupakan salah satu prioritasnya.

Baca juga: Digadang-gadang Jadi Menkeu AS, Siapa Janet Yellen?

Menurut Yellen, pemerintahan Biden harus bisa membuat AS mampu menangani pandemi sebelum menyelesaikan masalah lain, termasuk di dalamnya defisit anggaran yang menggelembung atau meningkatkan pajak.

"Saat ini, dengan suku bunga yang berada level terendah, hal tercerdas yang bisa kita lakukan adalah melakukan hal besar," ujar Yellen kepada Senat.

Dia menegaskan, prioritas utamanya saat ini adalah memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, terutama pekerja minoritas dan perempuan, yang terdampak paling hebat oleh penurunan aktivitas ekonomi akibat pandemi.

"Pandemi telah menyebabkan kesengsaraan yang meluas, kerusakannya terus meningkat, begitu pula respons kebijakan yang harus kita ambil," ujar dia.

Dengan dukungan bipartisan yang luas dari Wall Street hingga Washington, persetujuan Senat atas penunjukan Yellen sebenarnya telah diprediksi. Komite Keuangan Senat pada hari Jumat menyetujui pencalonannya dengan suara bulat, 26-0.

"Sulit membayangkan calon yang lebih siap untuk memenuhi saat yang sangat dibutuhkan ini daripada Dr Yellen," tulis para pendahulunya di Departemen Keuangan dalam sebuah surat yang mendukung pencalonannya.

Yellen dikenal tak asing untuk melakukan kebijakan yang mendobrak. Pada tahun 2014, Yellen merupakan perempuan pertama yang memimpin Federal Reserve, bank sentral AS, dan akan menjadi perempuan pertama yang memimpin tiga badan perekonomian terkuat di pemerintahan, yakni Departemen Keuangan, bank sentral, dan Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih.

Baca juga: Janet Yellen Ditunjuk Bidden Jadi Menkeu AS, Sri Mulyani: Welcome to the Club



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X