Sandiaga: Gercep, Geber, dan Gaspol untuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 26/01/2021, 17:23 WIB
Sandiaga Uno tentang revitalisasi toilet di tempat wisata Dok. KemenparekrafSandiaga Uno tentang revitalisasi toilet di tempat wisata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mencanangkan sejumlah program kerja untuk membangkitkan industri pariwisata dari keterpurukan.

Selama ini, pariwisata menjadi sektor paling terdampak sejak mewabahnya pandemi Covid-19.

"Makanya kita harus gercep, geber, dan gaspol, tak ada jalan lain selain ikut upaya penerapan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) atau K4 dalam setiap aspek wisata ekonomi parekraf," ujarnya saat jumpa pers virtual "Inovasi Berbasis Teknologi dan Prediksi Tren Perjalanan Traveloka 2021" yang disiarkan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Erick Thohir Berhentikan Dua Direksi PT KAI

"Gercep" menurut Sandiaga adalah bergerak cepat dan "geber" adalah bergerak bersama-sama memanfaatkan semua potensi untuk membangkitkan dan mempertahankan industri pariwisata. Adapun "gaspol", kata dia, adalah menggarap semua potensi lapangan pekerjaan yang ada.

Walaupun demikian, Sandiaga menyadari betul bahwa perlu adanya pemulihan yang seimbang antara kesehatan dan persiapan bangkitnya ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Oleh sebab itu, dia telah memiliki salah satu strategi yang akan dia lakukan, yaitu dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Baca juga: Transaksi Digital Dinilai Bisa Menekan Potensi Korupsi

Dia menjelaskan, untuk strategi inovasi dilakukan dengan pendekatan big data untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Inovasi juga akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi super prioritas dalam satu tahun yang meliputi kuliner, busana, tarian, hingga infrastruktur," ucap Sandiaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X